ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MEMPERTAHANKAN DAYA SAING PADA AGEN PERJALANAN WISATA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA YURA TRIPS LAMPUNG)

DENI, SAPUTRA (2024) ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MEMPERTAHANKAN DAYA SAING PADA AGEN PERJALANAN WISATA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA YURA TRIPS LAMPUNG). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya startegi bisnis yang dilakukan oleh Yura Trips Lampung khususnya kurang optimal pada pemasaran digital terkait pemenuhan calon wisatawan. Berkembangnya pariwisata di Kabupaten Pesawaran, telah menjadikan beberapa tempat wisata yang ada dikabupaten sebagai tujuan wisata. Melihat peluang tersebut banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri dengan fokus bisnis sebagai perusahaan agent perjalanan wisata atau tour and travel, salah satunya adalah Yura Trips Lampung. Strategi Bisnis Yura Trips sendiri tentunya mengedepankan kepentingan wisatawan dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan. Hal itu tentunya akan mengakibatkan para wisatawan merasa nyaman dan akan menganggap Yura Trips adalah bagian dari mereka.Selanjutnya Yura Trips juga menyadari pentingnya untuk menerapkan Bisnis Islam agar kegiatan usaha yang dilakukan mendapatkan keberkahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reserch). Penelitian lapangan yaitu penelitian dengan teknik pengumpulan data lapang seperti observasi, wawancara, penyebaran angket atau kuisioner, yang akan menjadi sumber informasi penelitian. Penelitian ini akan diambil dari hasil wawancara di lapangan dan obeservasi. Selain itu, penelitian ini juga akan mengambil data- data dari buku, serta hasil penelitia terdahulu dan seluruh data yang terkait dengan tema penelitian. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, maka dapat diketahui terdapat beberapa strategi bisnis untuk mempertahankan daya saing pada agen perjalanan wisata Yura Trips Lampung. Yura Trips Lampung adalah Perusahaan pelayanan jasa perjalanan wisata yang membantu wisatawan untuk mendapatkan informasi serta kebutuhan wisatawan. Yura Trips Lampung menyadari pentingnya kemaslahatan bagi masyarakat luas khususnya masyarakat sekitar yang berada di lingkungan wisata. Oleh karena itu beberapa tim dari Yura Trips sendiri merupakan penduduk sekitar yang bertujuan agar penduduk sekitar merasakan manisnya dunia pariwisata dan juga menambah lapangan pekerjaan sehingga mengurangi jumlah pengangguran. Yura Trips Lampung memperhatikan tata cara etika bisnis yang ideal sehingga tidak merugikan salah satu pihak ataupun bagi keduanya, yang mana dalam hal ini Islam selalu mengedepankan prinsip keadilan dan keseimbangan hak dan kewajiban dalam setiap kegiatan bisnis. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Daya Saing, Agent Perjalanan Wisata. ABSTRACT The problem in this research is the lack of business strategy carried out by Yura Trips Lampung, especially less than optimal digital marketing related to fulfilling potential tourists. The development of tourism in Pesawaran Regency has made several tourist attractions in the district tourist destinations. Seeing this opportunity, many companies have been established with a business focus as tour and travel agent companies, one of which is Yura Trips Lampung. Yura Trips' business strategy itself certainly prioritizes the interests of tourists and the quality of service provided to tourists. This will certainly make tourists feel comfortable and will consider Yura Trips to be part of them. Furthermore, Yura Trips also realizes the importance of implementing Islamic Business so that the business activities carried out are blessed. The research method used in this research is field research (Field Research). Field research is research using field data collection techniques such as observation, interviews, distribution of questionnaires, which will become a source of research information. This research will be taken from the results of interviews in the field and observations. Apart from that, this research will also take data from books, as well as the results of previous research and all data related to the research theme. As a result of the research that researchers have conducted, it can be seen that there are several business strategies to maintain the competitiveness of the Yura Trips Lampung travel agent. Yura Trips Lampung is a travel services company that helps tourists to obtain information and tourist needs. Yura Trips Lampung realizes the importance of benefiting the wider community, especially the local community in the tourist area. Therefore, several of the Yura Trips team are local residents whose aim is for local residents to experience the sweet world of tourism and also increase employment opportunities thereby reducing the number of unemployed. Yura Trips Lampung pays attention to ideal business ethics so that it does not harm either party or both, in which case Islam always prioritizes the principles of justice and balance of rights and obligations in every business activity. Key Words: Business Strategic, Competitiveness, Travel Agent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:00
Last Modified: 15 Mar 2024 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32750

Actions (login required)

View Item View Item