KONSELING INDIVIDU BAGI SISWA BERMASALAH AKIBAT BROKEN HOME DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

SHINTIA, PUTRI MAHARANI (2024) KONSELING INDIVIDU BAGI SISWA BERMASALAH AKIBAT BROKEN HOME DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI CETAK SHINTIA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siswa Bermasalah merupakan siswa yang memiliki persoalan dalam hal sikap dan perilaku mereka terhadap peraturan dan tata tertib di sekolah, terdapat faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran, yaitu disebabkan karena perceraian kedua orang tua, akibat dari perceraian tersebut anak tidak mendapatkan perhatian dari orang tua, sehingga anak memiliki kebebasan dalam melakukan pelanggaran di sekolah SMA AL-Huda Jati Agung Lampung Selatan mulai dari alfa, membolos, tidak mengikuti jam pelajaran. Dengan masalah yang dihadapi siswa, guru BK menggunakan konseling individu untuk melakukan pendekatan dengan siswa, untuk memahami masalah yang dihadapi siswa, dan memberikan nasihat kepada siswa, dalam hal ini Guru BK Menggunakan teknik pendekatan Behavioral, pendekatan ini yaitu untuk membantu mengubah sikap dan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah siswa kelas XI di SMA AL- Huda Jati Agung Lampung Selatan sebanyak 35 siswa Penentuan sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dari Jumlah 35 siswa siswa terdapat 3 orang siswa yang sesuai dengan kriteria. Sumber data primer dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 siswa bermasalah akibat broken home dan 1 Guru BK. Teknik analisis penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan model milles huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, Penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling individu bagi siswa broken home di SMA AL-Huda Jati Agung Lampung Selatan telah dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu, 1.) Asesmen pada tahap asesmen ini merupakan tahap pendekatan antara siswa dengan guru BK, untuk membangun hubungan yang baik agar proses konseling berjalan dengan baik dan mencapai tujuan. 2.) Menentukan Tujuan merupakan tahap dimana Guru BK mendengarkan masalah siswa dan memahami permasalahan tersebut, tahap ini mengeksplor perasaan siswa. 3.) Menentukan Teknik, pada tahap menentukan teknik ini yaitu Siswa menyampaikan apa yang dirasakan dan guru BK memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi siswa , pada tahap menentukan teknik ini Guru BK menggunakan pendekatan Behavioral, pendekatan ini sangat membantu siswa dalam mengubah perilaku dan cara berpikir iii kedepannya. 4.) Evaluasi pada tahap evaluasi ini merupakan tahap penilaian setelah melaksanakan proses konseling tujuannya yaitu untuk melihat seberapa jauh perubahan yang terjadi selama proses konseling dalam tahap evaluasi isi adanya kerjsama antara guru BK dengan Wali kelas dan Guru Mata pelajaran hal ini untuk dapat membantu guru BK melakukan evaluasi pada siswa tersebut. Kata Kunci : Konseling Individu, Siswa Bermasalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2024 08:02
Last Modified: 13 Mar 2024 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32715

Actions (login required)

View Item View Item