PENGARUH DAMPAK KOREAN AMBASSADOR, BRAND PERSONALITY, INFLUENCER SELEBGRAM DALAM MINAT BELI PRODUK SKINCARE SCARLETT DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Masyarakat di Bandar Lampung)

Dina, Novianti (2024) PENGARUH DAMPAK KOREAN AMBASSADOR, BRAND PERSONALITY, INFLUENCER SELEBGRAM DALAM MINAT BELI PRODUK SKINCARE SCARLETT DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Masyarakat di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 135 SKRIPSI DINA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya produk skincare yang beredar di pasar Indonesia dari yang memasarkan menggunakan online maupun offline sehingga menyebabkan persaingan dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu banyak dari para owner skincare memikirkan bagaimana strategi memasarkan produk mereka dengan bekerja sama dengan Korean Ambassador agar dapat berpengaruh signifikan terhadap Citra Merek produk, alasannya karena Personality dari seorang Brand Ambassador akan mempengaruhi Personality dari sebuah Brand. Personality dari Brand Ambassador inilah yang akan mempengaruhi opini masyarakat akan Citra Merek dan bisa menarik konsumen untuk membeli dan memakai produk tersebut. Scarlett juga bekerja sama dengan menggunakan jasa para Influencer untuk memasarakan produknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Korean Ambassador, Brand Personality, Influencer Selebgram dalam Minat Beli Produk Skincare Scarlett berdasarkan perspektif bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Fokus penelitian ini terdiri dari variabel dependent: X1) Korean Ambassador, X2) Brand Personality, X3) Influencer Selebgram, dan variabel independent: Y) Minat Beli. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penletian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Prasarat Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis, Uji Koefisien Determinasi (R2), dan Uji Signifikan Partisial (Uji T). Data diolah menggunakan Software SmartPLS4 dan Microsoft excel 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapaat pengaruh signifikan antara variabel Korean Ambassador terhadap Minat Beli Skincare, dan juga variable Brand Personality terdapat pengaruh signifikan terhadap Minat Beli Skincare Scarlett. Serta variabel Influencer Selebgram terdapat pegaruh signifikan terhadap Minat Beli Skincare Scarlett. Brerdasarkan hasil uji t. Berdasarkan pespektif bisnis Islam di Masyarakat kota Bandar Lampung. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam bahwasannya kebutuhan atau keinginan diperbolehkan asal tidak melanggar syariat Islam dan tidak mendatangkan kemudharatan Kata Kunci: Korean Ambassador, Brand Personality, Influencer Selebgram, Minat Beli iv ABSTRACT This research is motivated by the large number of skincare products circulating in the Indonesian market from those marketed online or offline, causing competition in the business world. For this reason, many skincare owners think about how to market their products by collaborating with Korean Ambassadors so that they can have a significant influence on the product's Brand Image, the reason is because the Personality of a Brand Ambassador will influence the Personality of a Brand. The personality of the Brand Ambassador will influence public opinion regarding the Brand Image and can attract consumers to buy and use the product. Scarlett also collaborates with the services of Influencers to market their products. The aim of this research is to determine the influence of Korean Ambassadors, Brand Personalities, Celebrity Influencers on Purchase Interest in Scarlett Skincare Products based on an Islamic business perspective. The method used in this research is quantitative. The focus of this research consists of the dependent variable: X1) Korean Ambassador, X2) Brand Personality, X3) Selebgram Influencer, and the independent variable: Y) Purchase Interest. The data collection technique used in this research was distributing questionnaires online to 100 respondents. The data analysis methods used in this research are Validity Test, Reliability Test, Multiple Regression Analysis Prerequisite Test, Hypothesis Test, Determination Coefficient Test (R2), and Partial Significant Test (T Test). Data is processed using SmartPLS4 and Microsoft Excel 2021 software. The results of this research show that there is a significant influence between the Korean Ambassador variable on Interest in Buying Skincare, and also the Brand Personality variable has a significant influence on Interest in Buying Scarlett Skincare. As well as the Selebgram Influencer variable, there is a significant influence on Scarlett's Skincare Purchase Interest. Based on the t test results. Based on an Islamic business perspective in Bandar Lampung city society. This is in accordance with Islamic teachings that needs or desires are permitted as long as they do not violate Islamic law and do not bring harm. Keywords: Korean Ambassador, Brand Personality, Celebrity Influencer, Purchase Interest

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:35
Last Modified: 05 Mar 2024 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32615

Actions (login required)

View Item View Item