ANALISIS PERBANDINGAN FACEBOOK ADS DAN TIKTOK ADS TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS PENJUALAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Facebook Ads dan Tiktok Ads di Bandar Lampung)

Fitriani, Nuh (2024) ANALISIS PERBANDINGAN FACEBOOK ADS DAN TIKTOK ADS TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS PENJUALAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Facebook Ads dan Tiktok Ads di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FITRIANI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRIANI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Facebook Ads dan TikTok Ads adalah dua platform yang populer dalam iklan online, dengan potensi dan karakteristik yang berbeda. Facebook memiliki jangkauan yang lebih besar, sementara TikTok menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan minat pembelian. Penting untuk mempertimbangkan tujuan bisnis, target audiens, dan nilai-nilai etika bisnis, terutama dalam perspektif bisnis Islam, saat memilih platform iklan yang sesuai. Kedua platform ini memiliki keunggulan masing-masing, dan kombinasi strategi yang bijak dapat menjadi pendekatan yang baik dalam mempromosikan bisnis penjualan online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna facebook ads dan tiktok ads yang ada di Bandar lampung. Berdasarkan data populasi diambil sample yaitu 2 pengguna facebook ads dan 2 pengguna tiktok ads. Adapun jenis usaha tersebut yaitu properti, otomotif, fashion dan influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook Ads dan TikTok Ads memiliki pendekatan dan strategi yang berbeda dalam memasarkan produk Facebook Ads dalam Memasarkan Produk Pengguna Facebook Ads, seperti @pusat rumah tanah Lampung dan @rizky daihatsu Lampung, memilih platform ini karena dapat menjangkau audiens secara luas dan cepat. Mereka berhasil memberikan informasi yang lengkap tentang produk, mempersuasi audiens, mengingatkan audiens tentang merek, dan memberikan nilai tambah. Hambatan yang dihadapi adalah kesulitan dalam menentukan desain grafis karena persaingan yang tinggi. Namun, mereka mengatasi ini dengan fokus pada target audiens yang spesifik, seperti pemirsa khusus, lokasi, usia, dan jenis kelamin. TikTok Ads dalam Memasarkan Produk Pengguna TikTok Ads, seperti @ananda prabu dan @siscome.bag, memanfaatkan platform ini dengan menggunakan hashtag, bekerja sama dengan influencer, mengikuti tren, membuat konten menarik, dan sering memposting video. Mereka mengikuti tren yang sedang viral di TikTok, seperti tarian dan lipsync, untuk memanfaatkan daya tarik psikologis penonton. Mereka fokus pada konten yang menarik dan tidak selalu memberikan banyak informasi tentang produk dalam video iklan. Perbandingan antara Facebook Ads dan TikTok Ads menunjukkan bahwa keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam memasarkan produk. Kata kunci: facebook ads, tiktok ads, bisnis penjualan online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:16
Last Modified: 04 Mar 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32587

Actions (login required)

View Item View Item