PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SBDP BERBASIS ENSIKLOPEDIA TARI KREASI DAERAH KELAS V SD/MI

Anna, Fathu Dzakiri (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SBDP BERBASIS ENSIKLOPEDIA TARI KREASI DAERAH KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini berasal dari identifikasi masalah yaitu: (1) materi tari kreasi daerah yang tersedia pada buku paket kurang lengkap, (2) diperlukan bahan ajar lain selain buku paket pada saat proses pembelajaran berlangsung yang memuat materi lebih lengkap dan menarik, (3) belum dikembangkannya bahan ajar berupa ensiklopedia tari kreasi daerah kelas V. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk mengetahui pengembangan bahan ajar SBdP Berbasis Ensiklopedia tari kreasi daerah kelas V SD/MI, (2) untuk mengetahui kelayakan bahan ajar SBdP Berbasis Ensiklopedia tari kreasi daerah kelas V SD/MI, (3) untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar SBdP Berbasis Ensiklopedia tari kreasi daerah kelas V SD/MI. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli bahasa, dua ahli materi, dan dua ahli media. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil yang terdiri dari 15 peserta didik kelas V SDN Canti Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan uji skala besar terdiri dari 30 peserta didik kelas V MI Al-Jauharotun Naqiyah Kota Baru Bandar Lampung. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar SBdP berbasis Ensiklopedia tari kreasi daerah kelas V SD/MI memperoleh nilai rata-rata ahli materi 88,65% dan dinyatakan sangat layak untuk diuji cobakan, rata-rata dari ahli bahasa 88,25% dan dinyatakan sangat layak untuk diuji cobakan, dan rata-rata dari ahli media 94,65% dengan kategori sangat layak untuk diuji cobakan. Sedangkan rata-rata penilaian yang diberikan oleh pengguna yaitu pendidik adalah 95,83% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Dan penilaian dari peserta didik pada skala kecil adalah 98,59% dengan kategori sangat layak/sangat menarik dan skala besar memperoleh 90,47% dengan kategori sangat menarik/sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka bahan ajar SBdP berbasis iv Ensiklopedia tari kreasi daerah kelas V SD/MI layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Bahan Ajar, Ensiklopedia, Tari Kreasi Daerah v ABSTRACT The problems of this research stem from the identification of problems, namely: (1) the regional creative dance material available in the package book is incomplete, (2) other teaching materials are needed besides the package book during the learning process which contains more complete and interesting material, (3) Teaching materials in the form of regional creative dance encyclopedias for class V have not yet been developed. The aims of this research are (1) to determine the development of SBdP teaching materials based on an Encyclopedia of regional creative dances for class V SD/MI, (2) to determine the feasibility of SBdP teaching materials based on an Encyclopedia of regional creative dances. class V SD/MI, (3) to find out the response of educators and students to the SBdP teaching materials based on the Encyclopedia of regional dance creations for class V SD/MI. The research was conducted using the ADDIE development model with several stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. Feasibility validation is carried out by a validator team consisting of two language experts, two material experts and two media experts. The field test consisted of a small�scale test consisting of 15 class V students at SDN Canti, Rajabasa District, South Lampung Regency. Meanwhile, the large-scale test consisted of 30 class V MI Al-Jauharotun Naqiyah Kota Baru Bandar Lampung. Based on the analysis of research results, it can be concluded that the development of SBdP teaching materials based on the regional creative dance encyclopedia for class V SD/MI received an average score from material experts of 88.65% and was declared very suitable for testing, the average from language experts was 88.25%. and declared very suitable for testing, and the average of media experts was 94.65% in the category very suitable for testing. Meanwhile, the average rating given by users, namely educators, is 95.83% with the category very suitable for use. And the assessment of students on a small scale was 98.59% in the very feasible/very interesting category and on a large scale it was 90.47% in the very interesting/very feasible category. Based on this, SBdP teaching vi materials based on the Encyclopedia of Regional Creative Dance for Class V SD/MI are suitable for use in the learning process. Keywords: Teaching Materials, Encyclopedia, Regional Dance Creations

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:38
Last Modified: 29 Feb 2024 08:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32559

Actions (login required)

View Item View Item