PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN EL’S COFFEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada El’s Coffee Lampung Walk, Way Halim, Bandar Lampung) LAMPUNG SELATAN

REZA ARIA, PRATAMA (2024) PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN EL’S COFFEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada El’s Coffee Lampung Walk, Way Halim, Bandar Lampung) LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI REZA ARIA PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya produsen minuman kopi yang mulai didirikan oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah produk kopi dari El's Coffee. sehingga perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Tingginya tingkat persaingan dalam kategori Coffee Shop yang menandakan bahwa konsumen dalam kategori ini sangat potensial. Namun, disisi lain produsen dituntut untuk semakin cermat dalam membaca kebutuhan dan keinginan konsumen agar tidak beralih pada produk perusahaan lain. Hal-hal yang dapat dilakukan produsen antara lain dengan lebih menonjolkan karakteristik produk yang sesuai dengan selera pasar dan memperhatikan lokasi toko yang mudah dijangkau, yang kemudian dapat menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Populasi dalam penelitian ini ialah masyarakat yang berdomisili di Bandar Lampung dan sampel sebanyak 100 Resoponden dengan menggunakan Rumus Rao Purba. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan bantuan sofware SPSS 23 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Karakteristik Produk dan Lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Karakteristik Produk dan Lokasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kata Kunci : Karakteristik Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian, Coffee Shop iii ABSTRACT The research in this thesis is motivated by the large number of coffee drink producers that are starting to be established by the wider community. One of them is coffee products from El's Coffee. So it is necessary to know what factors influence purchasing decisions. The high level of competition in the coffee shop category indicates that consumers in this category have great potential. However, on the other hand, producers are required to be more careful in reading consumers' needs and desires so that they do not switch to other companies' products. Things that manufacturers can do include highlighting product characteristics that suit market tastes and paying attention to shop locations that are easy to reach, which can then attract consumers to make purchasing decisions. This research is included in field research (Field Research), using a quantitative approach method. The data used are primary data and secondary data. The population in this research is people who live in Bandar Lampung and a sample of 100 respondents using the Rao Purba Formula. The data analysis method uses multiple linear regression analysis, using SPSS 23 for Windows software. The results of this research show that the product characteristics and location variables partially have a positive and significant effect on purchasing decisions. The results of this research also show that the product characteristics and location variables simultaneously or together have a significant effect on purchasing decisions. Keywords: Product Characteristics, Location, Purchasing Decisions, Coffee Shop

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:24
Last Modified: 28 Feb 2024 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32522

Actions (login required)

View Item View Item