IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS 4 SD/MI

ESTRI, RIZQI TIANA (2024) IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS 4 SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ESTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil observasi menunjukkan bahwa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS masih kurang. Data nilai awal yang diberikan oleh guru kelas dan ketika peneliti melakukan observasi dikelas IV D MIN 1 Bandar Lampung. Peneliti melihat peserta didik cenderung pasif, merasa bosan, dan kurang bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran IPS. Tanggung jawab peserta didik dapat dilihat pada beberapa peserta didik yang sibuk sendiri mengobrol dengan teman sebangku, bahkan ada salah satu peserta didik yang menyanyi pada saat pembelajaran berlangsung. Peserta didik sebagian kecil tidak serius memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran. Guru memberikan tugas bermain peran secara berkelompok, banyak anggota kelompok yang kurang antusias bahkan tidak peduli dengan tugasnya, sehingga ketika mengerjakan tugas telah habis, hampir semua kelompok belum tuntas mengerjakan tugasnya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus pada pembelajaran ini. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, di dalam penelitian ini ada 1 (satu) lembar observasi yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar observasi perilaku tanggung jawab di sekolah. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV D yang posisinya sebagai observer dan memberikan masukan yang bersifat membantu dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran IPS melalui metode pembelajaran sosiodrama dengan berbantuan media video pembelajaran pada siswa kelas IV MIN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV D MIN 1 Bandar Lampung yang berjumlah 25 peserta didik dan objeknya adalah tanggung jawab peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab pada peserta didik kelas IV D MIN 1 Bandar Lampung. Kondisi awal yang skor rata-ratanya 36 meningkat sebesar 5,60 yang pada siklus I iv menjadi 42,00. Meningkatnya skor rata-rata siswa, persentase skor rata-rata juga mengalami peningkatan sebesar 9,33%, dari kondisi awal 60,67% menjadi 70,00%. Hasil observasi tanggung jawab siswa pada siklus II dapat diketahui bahwa skor rata-ratanya sebesar 46,56 mengalami peningkatan sebesar 4,56 yang sebelumnya pada siklus I sebesar 42,00. Persentase skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 7,60% dari hasil siklus I 70,00% ke siklus II yaitu 77,60%. Kata Kunci: Metode Sosiodrama Berbantuan Media Video Pembelajaran, Tanggung Jawab Siswa v ABSTRACT Observation results show that student responsibility in learning social studies is still lacking. The initial value data was given by the class teacher and when the researcher made observations in class IV D MIN 1 Bandar Lampung. Researchers see that students tend to be passive, feel bored, and lack responsibility in taking social studies lessons. Student responsibility can be seen in several students who are busy themselves chatting with their classmates, there is even one student who sings during the lesson. A small percentage of students do not pay serious attention to the teacher when explaining the lesson. The teacher gives group role-playing assignments, many group members are less enthusiastic and don't even care about the assignment, so that when the assignment is finished, almost all groups have not finished their assignment. This research method is Classroom Action Research (PTK). This research was carried out in 2 (two) cycles in this learning. The data collection technique uses observation, in this research there is 1 (one) observation sheet used, namely the teacher activity observation sheet, student activity observation sheet and responsible behavior observation sheet at school. The researcher collaborated with the class IV D teacher whose position was as an observer and provided helpful input in this research. This research aims to increase students' responsibility in social studies learning through the sociodrama learning method with the help of learning video media for class IV MIN 1 Bandar Lampung students. This research is Classroom Action Research (PTK) with a cycle model that is carried out repeatedly and continuously. The subjects of this research were students of class IV D MIN 1 Bandar Lampung, totaling 25 students and the object was the students' responsibility. Data collection methods are carried out through observation and tests. The data analysis technique used was quantitative data analysis, the results of the research showed an increase in responsibility for class IV D MIN 1 Bandar Lampung students. The initial condition, with an average score of 36, increased by 5.60, which in cycle I became 42.00. Increasing the average score of students, the average score percentage also increased by 9.33%, vi from the initial condition of 60.67% to 70.00%. From the results of observing student responsibilities in cycle II, it can be seen that the average score was 46.56, an increase of 4.56 compared to 42.00 in cycle I. The average score percentage increased by 7.60% from cycle I results of 70.00% to cycle II, namely 77.60%. Keywords: Sociodrama Method Assisted by Learning Video Media, Student Responsibility

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:04
Last Modified: 28 Feb 2024 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32520

Actions (login required)

View Item View Item