STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PROPERTY PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT Griya Anisa Group Kota Bandar Lampung)

Dimas, Darmawan (2024) STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PROPERTY PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT Griya Anisa Group Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Dimas Darmawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran yang di gunakan pada PT Griya Anisa Group selain menyebarkan brosur dan pamflet dalam penawaran property juga menggunakan sosial media, diantaranya yaitu instagram dan facebook yang digunakan sebagai media promosi dan pengenalan produk. Digital ,marketing menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Karena di zaman yang seba canggih ini semua bisa di akses menggunakan telepon genggam, maka setiap pengusaha juga harus memperbaiki strategi pemasarannya guna tetap mempertahankan dan menambah volume penjualan yang di dapatkan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan apakah sudah efektif dan sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis yang mana landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus peneliyian sesuai dengan fakta di lapangan. Dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode wawancara, dokumetasi dan observasi untuk memperkuat penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital marketing PT Griya Anisa Group berpengaruh positif dalam meningkatkan volume penjualan property, dengan empat komponen yang dapat mempengaruhi pembeli yang terdiri dari: produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Dan yang paling penting adalah pelaku pemasaran mengetahui pendekatan yang akan membantu mereka merumuskan strategi bauran pemasaran yang efektif. Dan Efektivitas pemasaran pada PT Griya Anisa Group sudah sesuai dengan tujuan perusahaan dan rencana yang telah di tetapkan sebelumnya dengan melakukan evaluasi dan menjalankan promosi Efektivitas Pemasaran adalah kualitas pemasar untuk mengoptimalkan upaya mereka dan mencapai hasil jangka pendek dan jangka panjang terbaik. Dalam perspektif ekonomi Islam PT Griya Anisa Group sudah menerapkan prinsip ekonomi Islam yaitu: Jujur dalam memberikan informasi produk, selalau memberikan kepercayaan dan kepuasan kepada konsumen, dan akadnya sesuai dengan kesepakatan bersama, namun masi terkendala pada metode pembayaran yang masi menggunakan cara konvensional, yang dimana masi menggunakan sistem riba dalam pembayarannya. Kata kunci: Strategi , Pemasaran, Digital Marketing ii ABSTRACT The marketing strategy used at PT Griya Anisa Group apart from distributing brochures and pamphlets in property offers also uses social media, including Instagram and Facebook which are used as promotional media and product introductions. Where digital marketing is one way to increase sales. Because in this sophisticated era everything can be accessed using a mobile phone, every entrepreneur must also improve his marketing strategy in order to maintain and increase the volume of sales he gets. The problem in this research is how the marketing strategy used is effective and in accordance with the principles of Islamic economics. This research uses a qualitative method that is descriptive and tends to use analysis in which the theoretical basis is used as a guide so that the focus of the research is in accordance with the facts in the field. And in this study researchers used interviews, documentation and observation to strengthen the research conducted. The results of the study show that PT Griya Anisa Group's digital marketing strategy has a positive effect on increasing the volume of property sales, with four components that can influence buyers which consist of: product, price, place, promotion. . And most importantly, marketers know the approach that will help them formulate an effective marketing mix strategy. And marketing effectiveness at PT Griya Anisa Group is in accordance with company goals and plans that have been previously set by evaluating and carrying out promotions Marketing Effectiveness is the quality of marketers to optimize their efforts and achieve the best short-term and long-term results. In an Islamic economic perspective, PT Griya Anisa Group has implemented the principles of Islamic economics, namely: Honest in providing product information, always providing trust and satisfaction to consumers, and the contract is in accordance with a mutual agreement, but is still constrained by payment methods that still use conventional methods, which are still use the usury system in payment. Keywords: Strategy, Marketing, Digital Marketing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:47
Last Modified: 19 Feb 2024 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32410

Actions (login required)

View Item View Item