PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Pengguna M-Banking Masyarakat Bandar Lampung)

ZAHRA, FAUZIA HAFSAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Pengguna M-Banking Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ZAHRA FAUZIA HAFSAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembayaran non-tunai kini semakin canggih didaerah-daerah yang sistem pembayarannya sudah menggunakan internet. Data laporan e-conomy SEA 2021 Indonesia, selama tahun 2020 dan 2021 terdapat 21 juta konsumen di Indonesia telah bertransformasi ke gaya hidup baru yaitu menggunakan layanan digital untuk melakukan transaksi. Namun, hal tersebut turut menjadikan masyarakat di Indonesia menjadi semakin konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah apakah digital payment dan service quality berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, dan apakah kepercayaan mampu memediasi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu masyarakat yang berdomisili di Kota Bandar Lampung sedangkan sampel berjumlah 96 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purpose sampling. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan kemudian data yang didapatkan diolah menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara variabel digital payment terhadap variabel kepercayaan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel digital payment terhadap variabel perilaku konsumtif. terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara variabel kepercayaan terhadap variabel perilaku konsumtif. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel service quality terhadap variabel kepercayaan. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara variabel service quality terhadap variabel perilaku konsumtif. Kepercayaan tidak memediasi hubungan digital payment dan service quality terhadap perilaku konsumtif. Kata Kunci: Digital Payment, Service Quality, Kepercayaan, Perilaku Konsumtif, Mobile Banking iii ABSTRACT Non-cash payments are now increasingly sophisticated in areas where payment systems already use the internet. Data from the 2021 SEA Indonesia e-conomy report, during 2020 and 2021 there are 21 million consumers in Indonesia who have transformed into a new style. a new life, namely using digital services to carry out transactions. However, this has also made people in Indonesia more consumptive, because of the ease of shopping offered to the public. The aim of this research is whether digital payments and service quality influence consumer behavior, and whether trust is able to mediate the relationship between the independent variables and the dependent variable. This research uses descriptive research methods with a quantitative approach. The research population is people who live in Bandar Lampung City, while the sample consists of 96 respondents. The sampling technique uses non-probability sampling with a sampling technique, namely the purpose sampling technique. The data analysis method uses Partial Least Square (PLS) and then the data obtained is processed using SmartPLS 3 software. The research results show that there is a positive and insignificant influence between the digital payment variable and the trust variable. There is a positive and significant influence between the digital payment variable on the consumer behavior variable. There is a positive and insignificant influence between the trust variable on the consumer behavior variable. There is a positive and significant influence between the service quality variable and the trust variable. There is a negative and insignificant influence between the service quality variable and the consumer behavior variable. Trust does not mediate the relationship between digital payments and service quality on consumer behavior. Keywords: Digital Payment, Service Quality, Trust, Consumptive Behavior, Mobile Banking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:02
Last Modified: 19 Feb 2024 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32407

Actions (login required)

View Item View Item