PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Pengguna E-commerce Shopee Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2021)

HETI, SEPTA SAFITRI (2024) PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Pengguna E-commerce Shopee Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI HETI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman yang negatif yang dirasakan oleh konsumen ketika berbelanja di e�commerce yaitu seringkali konsumen menerima barang yang tidak sesuai dengan iklan yang dilihatnya sehingga konsumen merasa tertipu, pengiriman yang lambat, waktu pengiriman yang tidak sesuai estimasi dan lain sebagainya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Theory of Planned Behavior (TPB), Technology Acceptance Model (TAM), Teori AIDA (Attention, Interest,Desire, Action) Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert dan kajian pustaka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI angkatan 2019-2021 UIN Raden Intan Lampung. Banyaknya sampel yang digunakan, ditentukan dengan rumus slovin yang berjumlah 97 responden. Teknik analisis data menggunakan metode parth analysis (analisis jalur) dengan bantuan sofware SmartPLS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi risiko dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan apakah kepercayaan mampu memediasi hubungan antara persepsi risiko dan online customer review terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menujukkan bahwa persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi risiko berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi. Kata Kunci : Persepsi Risiko, Online Customer Review, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian iv ABSTRACT This research is motivated by negative experiences felt by consumers when shopping in e-commerce, namely often consumers receive goods that do not match the advertisements they see so that consumers feel cheated, slow delivery, delivery times that are not as estimated and so on. Theories used in this study are Theory of Planned Behavior (TPB), Technology Acceptance Model (TAM), AIDA Theory (Attention, Interest,Desire, Action). This research uses quantitative methods. The data collection technique in this study used a questionnaire with a Likert scale and literature review. The population used in this study were FEBI students from 2019-2021 UIN Raden Intan Lampung. The number of samples used was determined by the slovin formula, which amounted to 97 respondents. The data analysis technique uses the parth analysis method (path analysis) with the help of smartPLS software.the formulation of the problem ini this research is whether risk perception and online customer reviews influence purchasing desicions and whether trust is able to mediate the relationship between risk perceptions and online customer reviews on purchasing desicions. The research results show that risk perception has a positive and significant effect on purchase decisions. Risk perception has a positive and significant effect on consumer trust. Online customer reviews have a positive and significant effect on purchase decisions. Online customer reviews have a positive and significant effect on consumer confidence. Consumer trust has a positive and significant effect on purchase decisions. Risk perception has a positive but insignificant effect on purchase decisions through trust as a mediating variable. Online customer reviews have a positive and significant effect on consumer trust through trust as a mediating variable. Keywords: Risk perception, online customer reviews, consumer trust, purchase decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:14
Last Modified: 15 Feb 2024 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32382

Actions (login required)

View Item View Item