PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 2 KALISARI NATAR LAMPUNG SELATAN

Merita, Setiorini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 2 KALISARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MERITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar IPA, dikarenakan guru hanya menggunakan buku pelajaran dan masih banyak sekali dan masih banyak sekali peserta didik yang minat belajarnya masih rendah. Masih dikatakan banyak sekali peserta didik yang minat belajarnya masih rendah kerena itu perlu media pembelajaran yang lebih bervariatif dan lebih menarik perhatian peserta didik dan diharapkan peserta didik mampu memamahi apa yang disampaikan oleh pendidik agar dapat mendorong keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi dan meningkatkan minat belajar IPA. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menawarkan solusi berupa penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan miant belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 2 Kalisari Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian menggunakan quasi eksperimen. Pada desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 54 peserta didik yang berasal dari kelas VA berjumlah 27 peserta didik dan Kelas VB berjumlah 27 peserta didik. Sampel yang 54 peserta didik berasal dari kelas VA dan Kelas VB. Dengan teknik pengambilan sampel mengunakan Simple Random Sampling. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas Eksperimen menggunakan media audio visual dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakan media visual berupa poster. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian instrumen angket tes di uji coba dan dihitung validitas, reliabilitas dan uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat pada penelitian ini maka dirumuskan masalah yaitu: Apakah media audio visual berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V. Hasil Perhitungan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan 0,026<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik padamata pelajaran IPA di SD Negeri 2 iii Kalisari Natar Lampung Selatan ditunjukkan pada nilai sig. 0,026<0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar iv ABSTRACT The research in this thesis is motivated by the low interest in learning science, because teachers only use textbooks and there are still many students whose interest in learning is still low. It is still said that there are many students whose interest in learning is still low because it requires learning media that is more varied and attracts students' attention and it is hoped that students will be able to understand what is conveyed by educators in order to encourage students' success in mastering the material and increase their interest in learning science. Based on these problems, researchers offer a solution in the form of using audio-visual learning media to improve students' learning potential. This research aims to determine the effect of using audio-visual media on students' interest in learning in class V science subjects at SD Negeri 2 Kalisari Natar, South Lampung. This research uses quantitative methods. The research uses quasi experiments. The design used is Nonequivalent Control Group Design. The population is 54 students, 27 students from class VA and 27 students from Class VB. The sample of 54 students came from class VA and Class VB. With a sampling technique using Simple Random Sampling. The samples in this research were students from class VA as an experimental class using audio-visual media and class VB as a control class using visual media in the form of posters. Data collection techniques use questionnaires and documentation. Before conducting research, the test questionnaire instrument was tested and validity, reliability and homogeneity tests were calculated. Then test the research hypothesis using the t test, before carrying out the t test the data is tested for analysis prerequisites first, namely by using the normality test and homogeneity test. To find out some of the problems contained in this research, the problem was formulated, namely: Does audio-visual media influence students' interest in learning in class V science subjects. Calculation results of the hypothesis test with a significance level of 0.05 show 0.026<0.05. So it can be concluded that there is an influence of the use of audio visual media on students' interest in learning in science subjects at SD Negeri 2 Kalisari Natar, South Lampung, shown in the sig value. 0.026<0.05 means Ho is rejected and Ha is accepted Keywords: Audio Visual Media, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:26
Last Modified: 16 Feb 2024 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32365

Actions (login required)

View Item View Item