PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KECEMASAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Sentia, Wahyuni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KECEMASAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1.2 & dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Full skripsi Sentia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kecemasan belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Ekspremen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester genap MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI1 sebagai kelas eksperimen dan XI2 sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instumen tes (kemampuan pemecahan masalah) dan angket (kecemasan belajar). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kecemasan belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dengan hasil yang diperoleh untuk kecemasan belajar menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti sig.(2-tailed) ≤ 0,05 sehingga H₁ diterima. Kemudian untuk kemampuan pemecahan masalah peserta didik menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti sig.(2-tailed) ≤ 0,05 sehingga H₁ diterima. . Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kecemasan belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci: Kecemasan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning iv ABSTRACT This research aims to determine the effect of the problem based learning model on learning anxiety and problem solving abilities of students at MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampungg. This research is quantitative research using the Quasy Experiment method. The population in this study were all class XI students in the even semester of MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung in the 2023/2024 academic year. The sample consists of 2 classes, namely class XI1 as the experimental class and XI2 as the control class. The instruments used in this research are test instruments (problem solving abilities) and questionnaires (learning anxiety). The data analysis technique used in this research is the t-test. Based on the results of research that has been conducted, it is known that there is a significant influence of the problem based learning (PBL) learning model on students' learning anxiety and problem solving abilities. The results obtained for learning anxiety show a significance value of 0.000, which means sig.(2-tailed) ≤ 0.05 so that H₁ is accepted. Then for students' problem solving abilities, it shows a significance value of 0.000, which means sig.(2-tailed) ≤ 0.05 so that H₁ is accepted. . This proves that there is an influence between the problem based learning (PBL) learning model on learning anxiety and problem solving abilities of class XI students at MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.. Keywords: Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:47
Last Modified: 16 Feb 2024 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32352

Actions (login required)

View Item View Item