PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN METODE HEURISTIK KRULIK RUDNICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

MUHAMMAD, FATTAH AMRULLAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN METODE HEURISTIK KRULIK RUDNICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD FATTAH AMRULLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran scramble terhadap pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan adalah heuristik krulik rudnick. Berdasarkan hasil analisis dari uji butir soal kelayakan instrumen didapatlah hasil uji dari enam soal yang diujikan dan semuanya valid. Untuk tingkat kesukaran terdapat 2 soal mudah, 3 soal sedang, dan 1 soal sukar. Untuk tingkat daya bedaterdapat 2 soal sangat baik, dan 4 soal baik. Begitu juga dengan uji reliabilitas yang dimana uji soal tersebut dapat dikatakan baik. Soal yang dapat digunakan peneliti yang sudah dijelaskan adalah 6 soal tersebut sudah memenuhi semua indikator dari kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik maka soal tersebut dapat digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran scramble dengan metode heuristik krulick rudnick lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Peneliti tidak hanya mengamati tentang model pembelajaran tetapi juga mengamati proses pembelajaran siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Sesuai dengan hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh tiap kategori gaya belajar peserta didik. Kata kunci : Pembelajaran Scramble, Metode Heuristik Krulick Rudnick, PemahamanKonsep Matematis iii ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the effect of scramble learning model on mathematical concept understanding. The method used is heuristic kurlik rudnick. Based on the analysis of the test items, the feasibility of the instrument obtained the test results of the six questions tested and all were valid. For the level of difficulty there are 2 easy questions, 3 medium questions, and 1 difficult question. For the level of differentiation there are 2 very good questions, and 4 good questions. Likewise with the reliability test where the test question can be said to be good. The questions that can be used by researchers that have been explained are 6 questions that have fulfilled all indicators of the ability to understand the mathematical concepts of students, so these questions can be used in this study. The results of this study state that students who get a scramble learning modelwith the heuristic kurlik rudnick method are better than students who get expository learning. Researchers not only observed the learning model but also observed the learning process of students who have visual, auditorial, and kinesthetic learning styles. In accordance with the results of this study that there is an influence of each category of learning styles of students. Keyword : Scramble Learning, Heurstic Krulick Rudnick Method, Mathematical Concept Understanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:00
Last Modified: 30 Apr 2024 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32330

Actions (login required)

View Item View Item