PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

JONI, WIJAYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI JONI WIJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Pada KBM, inovasi dan penggunaan media pembelajaran yang beragam diperlukan untuk mendukung perkembangan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis. Pada penelitian ini, Model PBL digunakan dalam KBM. Model PBL ini lebih memfokuskan pada masalah agar peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri dan berpikir pada tingkat yang lebih tinggi. Pada prosesnya peserta didik dimudahkan dan lebih tertarik dalam belajar melalui media wordwall. Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Dan (2) Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Sampel pada penilitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil pada penelitian ini memperoleh nilai sebesar 0,001yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan dari semua perhitungan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi wordwall berpengaruh lebih baik dari pada model pembelajaran PBL tanpa aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata Kunci : PBL, Wordwall, Berpikir kritis, Berpikir Kreatif iv ABSTRACT This research was motivated by the low critical thinking and creative mathematical thinking abilities of students. In learning, innovation and the use of diverse learning media are needed to support the development of critical thinking skills and creative mathematical thinking. In this research, the PBL model is used in teaching and learning. This PBL model focuses more on problems so that students can build their own knowledge and think at a higher level. In the process, students are made easier and more interested in learning through wordwall media. The purpose of this research is to determine (1) The influence of the PBL learning model assisted by the wordwall application on students' critical thinking and creative mathematical thinking abilities. And (2) The influence of the PBL learning model on students' critical thinking and creative mathematical thinking abilities. The method used in this research is quantitative with a quasi experimental design research type with a population of all class XI students at SMA Negeri 3 Bandar Lampung. The sample in this research was selected using a simple random sampling technique. Data collection techniques use critical thinking ability tests and mathematical creative thinking. The data analysis technique used in this research is the Multivariate Analysis of Variance test with a significance level of 5%. The results of this study obtained a p-value of 0.001, which shows that there is an influence of the PBL learning model assisted by the wordwall application on the ability to think critically and creatively think mathematically. Based on all the calculations, it can be said that the PBL learning model assisted by the wordwall application has a better effect than the PBL learning model without the wordwall application on students' critical thinking and mathematical creative thinking abilities. Keywords : Problem Based Learning, wordwall, critical thinking,creative thingking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:48
Last Modified: 06 Feb 2024 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32318

Actions (login required)

View Item View Item