PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN ISLAMIC ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO PANTENE HIJAB DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Wanita Berhijab di Kota Bandar Lampung)

Alika, Fadiya Haya (2024) PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN ISLAMIC ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO PANTENE HIJAB DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Wanita Berhijab di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era perkembangan saat ini, semakin pesat kemajuan yang berkembang terutama di bidang perekonomian yang berbasis dengan prinsip syariah yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga persaingan global terhadap brand islam yang bermunculan, banyaknya aktifitas yang dilakukan wanita berhijab sehingga menimbulkan beberapa masalah rambut seperti, rambut menjadi lepek, beraroma tidak segar, rontok dan berketombe. Pantene menciptakan varian hijab, rangkaian shampo bagi pemakai hijab. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Branding dan Islamic Advertising terhadap Keputusan Pembelian produk Shampo Pantene Hijab dalam Etika Bisnis Islam Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebar kuesioner secara online melalui google form kepada pengguna Shampo Pantene Hijab studi pada konsumen wanita berhijab di Kota Bandar Lampung sebagai populasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden 97 ditentukan menggunakan rumus Lameshow, serta menggunakan SPSS versi 24 sebagai pengolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Islamic Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Shampo Pantene Hijab.Variabel Islamic Advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Shampo Pantene Hijab. Variabel Islamic Branding dan Islamic Advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Shampo Pantene Hijab.Islamic Branding, Islamic Advertising dalam meningkatkan keputusan pembelian harus berlandaskan pada etika bisnis menurut pandangan islam yaitu, kesatuan (tauhid), keseimbangan (adil), kehendak bebas, tanggung jawab (responsibility), kebenaran (benevoence). Kata Kunci :Islamic Branding, Islamic Advertising, Keputusan Pembelian iv ABSTRACT In the current era of development, progress is growing rapidly, especially in the economic sector based on sharia principles which is experiencing quite rapid development. So that global competition for Islamic brands is emerging, the many activities carried out by women wearing the hijab have resulted in several hair problems such as hair becoming limp, not smelling fresh, falling out and dandruff. Pantene created a hijab variant, a series of shampoos for hijab wearers. So this research aims to determine the influence of Islamic Branding and Islamic Advertising on Purchase Decisions for Pantene Hijab Shampoo products in Islamic Business Ethics This research uses a quantitative approach method. The data used is primary data by distributing questionnaires online via Google Form to users of Pantene Hijab Shampoo. Study of female consumers who wear the hijab in Bandar Lampung City as a population. The sampling method in this research used purposive sampling, with the number of respondents being 97 determined using the Lameshow formula, and using SPSS version 24 as data processing. The research results show that the Islamic Branding variable has a positive and significant effect on purchasing decisions for Pantene Hijab Shampoo products. The Islamic Advertising variable has a positive and significant effect on purchasing decisions for Pantene Hijab Shampoo products. The Islamic Branding and Islamic Advertising variables have a positive and significant influence on purchasing decisions for Pantene Hijab Shampoo products. Islamic Branding, Islamic Advertising in improving purchasing decisions must be based on business ethics according to Islamic views, namely, unity (tauhid), balance (fairness), free will , responsibility, truth (benevoence). Keywords: Islamic Branding, Islamic Advertising, Purchasing Decisions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:12
Last Modified: 06 Feb 2024 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32302

Actions (login required)

View Item View Item