PENGARUH STRATEGI RANDOM TEXT TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III DI MI DAARUL MA’ARIF

Rifa, Atul Fadhilah (2024) PENGARUH STRATEGI RANDOM TEXT TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III DI MI DAARUL MA’ARIF. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1  2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlunya memakai strategi pembelajaran yang dapat membuat prestasi belajar peserta didik mencapai KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Strategi Random Text Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III Di MI Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan menggunakan Posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MI Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas III B dan untuk kelas kontrol adalah kelas III A. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi random text terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik dalam materi nama-nama penyakit melalui strategi random text dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Random Text, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab. iv ABSTRACT The problem in this research is that students still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, which results in the student's learning outcomes still not reaching the Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore the researcher concluded that in science learning it is necessary to use learning methods that can make students' learning achievements reach KKM. The aim of this research is to see the influence of the Random Text Strategy in Class III Students' Mastery of Arabic Vocabulary at MI Daarul Ma'arif Natar, South Lampung. This research is a quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experiment. This type of research uses the posttest method in the experimental class and the control class. This research was conducted at MI Daarul Ma’arif Natar South Lampung with a sampling technique that is the Cluster Random Sampling technique. Sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class III B and for the control class is class III A. With data collection techniques using tests. Based on the results of data analysis, it can be said that the experimental method in calculating the t-test, obtained a sig value of 0.000 so if the Sig value is 0.05 (5%) in Sig (2-tailed) then H0 is rejected and HI is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the random text strategy on students' mastery of Arabic vocabulary in disease names material through the random text strategy which can have a positive impact on the learning process. Keywords: Random Text Strategy, Vocabulary Mastery, Arabic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:00
Last Modified: 05 Feb 2024 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32267

Actions (login required)

View Item View Item