PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH

CHOLY, AFUW ARRAUF (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CHOLY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika merupakan suatu pembelajaran yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan meningkatkan hasil belajar matematikanya. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Bandar Lampung masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil penilaian tengah semester tahun ajaran 2022/2023 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai ) sebanyak 24 dari 60 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Bandar Lampun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Anava Dua Jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi Hubungan antar satuan panjang, berat, dan waktu. Hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran ARCS lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), Hasil Belajar, Matematika iv ABSTRACT Mathematics is a lesson that needs to be mastered by every student in order to support students in the learning process and improve their mathematics learning outcomes. Based on pre-research, it shows that the learning outcomes of class IV students at Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Bandar Lampung are still relatively low, this can be seen from the results of the mid�semester assessment for the 2022/2023 academic year where 24 students scored above the KKM (score ≥72). of 60 students. Researchers are interested in implementing learning models that can improve students' mathematics learning outcomes. The aim of this research is to determine the effect of implementing the Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) learning model on student learning outcomes in mathematics learning. This research is a type of Quasy Experimental Design research with a 2×1 factorial research design. The samples in this research were students in class IV A and IV B at Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Bandar Lampun. The sampling technique used is Cluster Random Sampling (class random technique). Data collection techniques in this research include documentation, interviews and tests. The data analysis techniques used are the Normality test and Homogeneity test. Hypothesis testing in this research uses the t-test. Based on the research results and calculations of the Two Way ANOVA test, it was concluded that there was an influence of the ARCS learning model on students' mathematics learning outcomes in the relationship between units of length, weight and time. The mathematics learning outcomes of students using the ARCS learning model are better than the mathematics learning outcomes of students using conventional learning models. Keywords: Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Learning Model, Learning Outcomes, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:00
Last Modified: 05 Feb 2024 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32264

Actions (login required)

View Item View Item