PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN STEM MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Yunita, Suprayetno (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN STEM MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP pada pembelajaran IPA. Upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui respon peserta didik dan pendidik, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap penggunaan e�modul interaktif dengan pendekatan STEM mengggunakan aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pada pembelajaram fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan prosedur pengembangan Sugiyono. Subyek uji coba dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII, diMTsN 2 Lampung Tengah dan SMPN 6 Krui. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada validator ahli media dan ahli materi untuk menguji kualitas kelayakan E-modul. Teknik analisis data instrument non tes pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa e-modul interaktif dengan pendekatan STEM menggunakan aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika, materi usaha dan pesawat sederhana. Hasil kelayakan e-modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 92% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Hasil kemenarikan dari pendidik dan peserta didik diperoleh rata-rata 88% dan 90%, e-modul dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai N-gain score 0,71 dengan kategori Tinggi. Kata Kunci : E-modul, STEM (Science, Technology,Engineering, Mathematic) kemampuan berpikir kritis iv ABSTRACT This research is motivated by the low critical thinking skills of junior high school students in science learning. Efforts to improve critical thinking skills are by developing e-module teaching materials. The purpose of this study is to develop, determine the feasibility and determine the response of students and educators, as well as improve the critical thinking skills of students on the use of interactive e�modules with a STEM approach using the Canva application to improve the critical thinking skills of students in physics learning. This study uses the type of Research and Development research using the development procedure of Prof. Dr. Sugiyono. The test subjects in this study were class VIII students, at MTsN 2 Lampung Tengah and SMPN 6 Krui. Instrument The data collection instrument used is a questionnaire given to media expert validators and material experts to test the quality of the E-module feasibility. Non-test instrument data analysis techniques in this study using quantitative data analysis techniques. Based on the research that has been conducted, a product is produced in the form of an interactive e-module with a STEM approach using the Canva application to improve students' critical thinking skills in physics learning, effort and simple aircraft material. The results of the feasibility of e-modules obtained an average percentage of 92% form material experts and 90% of media experts. The results of the attractiveness of educators and students obtained an average of 88% and 90%, the e-module was declared effective in improving students' critical thinking skills with an average n-gain score of 071 in thr high category. Keywords: E-module, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:20
Last Modified: 02 Feb 2024 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item View Item