PENGARUH KONFORMITAS DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

MERLIANA, WIDYAWATI (2024) PENGARUH KONFORMITAS DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MERLIANA WIDYAWATI.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku konsumtif pada mahasiswa tidak terlepas dari adanya ketidakpuasan terhadap diri individu yang menyebabkan mahasiswa menjadi tidak percaya diri. Dalam berbelanja online individu dipengaruhi oleh kelompok teman sebaya, hal itu disebabkan karena kelompok teman sebaya merupakan tempat untuk melakukan perbandingan. Diketahui Bahwa Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung sudah tidak mengikuti teman- teman nya maupun lingkungan nya dan mempunyai kontrol diri yang baik akan tetapi mahasiswa tersebut masih berperilaku konsumtif dalam berbelanja online.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konformitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif berbelanja online dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian berjumlah 5.788 orang. Sampel sebanyak 98 orang dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Semakin tinggi konformitas semakin meningkat pula perilaku konsumtif pada mahasiswa. Variabel kontrol diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Semakin tinggi kontrol diri pada mahasiswa maka akan semakin rendah perilaku konsumtifnya. Hasil penelitian dalam perspektif ekonomi islam terhadap perilaku konsumtif dalam Q.S. Al-Isra’:27 bahwa Dalam ajaran Islam konsumen dilarang berkonsumsi secara berlebihan dan berperilaku israf, yaitu membeli barang yang tidak memberikan manfaat karena akan melahirkan gaya hidup konsumtif. Islam menganjurkan untuk berkonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan bukan karena keinginan semata. Kata Kunci : Konformitas, Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif.ABSTRACT Consumptive behavior in students cannot be separated from dissatisfaction with individuals which causes students to become insecure. In online shopping individuals are influenced by peer groups, it is because peer groups are a place to make comparisons. It is known that UIN Raden Intan Lampung students no longer follow their friends and environment and have good self-control, but these students still behave compulsively in online shopping. The purpose of this study was to determine the influence of conformity and self�control on online shopping consumptive behavior from an Islamic economic perspective. This research uses a quantitative approach method. The data used are primary and secondary data by distributing questionnaires. The population in the study amounted to 5,788 people. A sample of 98 people using the Slovin formula, was taken by probability sampling technique with the simple random sampling method. The data analysis used was multiple linear regression analysis processed using SPSS version 25. The results of this study show that the conformity variable has a positive and significant effect on consumptive behavior. The higher the conformity, the more consumptive behavior in students. Self�control variables have a negative and significant effect on consumptive behavior. The higher the self-control in students, the lower the consumptive behavior. The results of research in the perspective of Islamic economics on consumptive behavior in Q.S. Al�Isra': 27 that in Islamic teachings consumers are prohibited from consuming excessively and behaving israf, namely buying goods that do not provide benefits because it will give birth to a consumptive lifestyle. Islam advocates to consume according to needs and not out of desire alone. Keywords: Conformity, Self-Control, Consumptive Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:07
Last Modified: 31 Jan 2024 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item View Item