PENGARUH PENDAPATAN, PENDIDIKAN, PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Study BSI KCP Antasari)

THANIA, FITRIANI (2024) PENGARUH PENDAPATAN, PENDIDIKAN, PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Study BSI KCP Antasari). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of THANIA SKRIPSI 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of THANIA SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia teknologi semakin pesat salah satunya dalam dunia perbankan yaitu teknologi M�banking yang berpeluang meningkatkan inklusi ekonomi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pendapatan, pendidikan, persepsi kemudahan secara parsial terhadap keputusan penggunaan mobile banking bank syariah dan apakah variabel mediasi (minat) mampu memediasi antara pendapatan, pendidikan, persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan mobile banking bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pengaruh pendapatan, pendidikan, persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan mobile banking syariah dengan minat sebagai variabel mediasi serta untuk menganalisis bagaimana minat mampu memediasi antara pendapatan, Pendidikan, persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan mobile banking bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data salah satunya adalah kuesioner yang diberikan kepada pengguna M-banking di Kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus unknown population sehingga diperoleh 100 responden pengguna M�banking di Kota Bandar Lampung. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, path analysis, uji regresi linier berganda. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji R2 , uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan mobile banking bank syariah, pendidikan tidak berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan mobile banking syariah. Minat sebagai variabel mediasi mampu memediasi variabel pendapatan, Pendidikan, persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan mobile banking bank syariah tetapi dengan nilai yang lebih kecil dalam artian pendapatan di mediasi oleh minat terhadap keputusan penggunaan mobile banking akan memiliki pengaruh yang semakin kecil. Kata Kunci: Pendapatan, Pendidikan, Persepsi Kemudahan, Keputusan Penggunaan Mobile Banking Syariah, Minat sebagai Mediasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:35
Last Modified: 31 Jan 2024 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32225

Actions (login required)

View Item View Item