PENGARUH SOCIAL MEDIA, BRAND IMAGE, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Diah, Febrina Aurela (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA, BRAND IMAGE, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAH FEBRINA AURELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah adalah jenis usaha yang menghimpun uang dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan memberikannya kepada mereka dalam bentuk pembiayaan dan modal dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam bentuk penyaluran pembiyaan dan penyertaan modal.1Bank syariah tidak menggunakan sistem bunga (riba), pengunduran diri (maysir), atau ketidak pastian pada saat meluncurkan inisiatifnya.Bank syariah adalah lembaga keuangan yang proses operasional dan produksinya berpedoman pada kaidah hukum Islam , yang juga dikenal dengan Al Qur'an , Hadits , dan kaidah kaidah fiqih. Menurut Undang-undang nomor 21 tahun 2008 pasal 1, perbankan syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media, Brand image dan product knowledge terhadap minat masyarakat menggunakan bank syariah di kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif yang menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan masyarakat kota bandar lampung yang telah disesuaikan dengan kriteria yang dipilih peneliti yakni berdasarkan usia,jenis jenis kelamin dan alamat domisii. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, Uji Koefisien Determinasi(R2 ) dan uji t dengan bantuan Software IBM SPSS 20 for windows. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa social media, Brand image dan product knowlwdge secara individual berpengaruh signifikan terhadap Keputusan masyarakat untuk menggunakan bank syariah. Pengaruh yang paling dominan dalam penelitian ini adalah brand image. Kata kunci : social media, Brand image dan product knowledge ; minat menggunakan bank syariah. ABSTRACT Islamic banks are a type of business that collects money from the public in the form of deposits and gives it to them in the form of financing and capital in an effort to improve the standard of living of the community in the form of funding and capital participation. Islamic banks do not use interest (usury), resignation (maysir), or uncertainty when launching their initiatives. Islamic banks are financial institutions whose operational and production processes are guided by the rules of Islamic law, also known as the Qur'an, Hadith, and the rules of fiqh. According to Law number 21 of 2008 article 1, Islamic banking is everything that concerns banks. This study aims to determine the influence of social media, brand image and product knowledge on public interest in using Islamic banks in the city of Bandar Lampung. This research is a quantitative type that uses primary data. The sampling technique used in this study is non-probability sampling with purposive sampling method. The data collection technique in this study used a questionnaire distributed to 100 respondents who were residents of Bandar Lampung City which had been adjusted to the criteria chosen by the researcher, namely based on age, gender and domicile address. The data analysis techniques used are descriptive tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, Coefficient of Determination Test (R2) and t tests with the help of IBM SPSS 20 Software for windows. The results of the hypothesis analysis show that social media, brand image and product knowledge individually have a significant influence on people's decisions to use Islamic banks. The most dominant influence in this study is brand image. Keywords: social media, Brand image and product knowledge; interest in using Islamic banks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:53
Last Modified: 24 Jan 2024 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item