PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN WEB 2.0 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GENDER

AGNESTIA, ARITAMA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN WEB 2.0 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GENDER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbantuan web 2.0 antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan sampel kelas X IPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA II sebagai kelas kontrol. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket motivasi dan soal uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap motivasi siswa ditinjau dari gender 2) Terdapat pengaruh model pembelajar kolaboratif terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gender Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran kolaboratif, Motivasi, Hasil Belajar iii ABSTRACK This study aims to determine the effect of Collaborative Learning Model assisted by web 2.0 between male and female students on student motivation and learning outcomes. The research method used is Quasy Experiment with Control Group Pretest-Posttest Design research design. The sampling technique used was Purposive Sampling technique with the sample of class X IPA I as the experimental class and class X IPA II as the control class. The instrument used in this study is a motivation questionnaire and description questions to measure student learning outcomes. The research hypothesis test used independent sample t-test with the help of SPSS version 25. The results of this study are: 1) There is an effect of collaborative learning model on student motivation in terms of gender 2) There is an effect of collaborative learning model on student learning outcomes in terms of gender Thus it can be concluded that the collaborative learning model is effective on student motivation and learning outcomes. Keywords: Collaborative Learning Model, Motivation, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:33
Last Modified: 23 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32145

Actions (login required)

View Item View Item