PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN LOKASI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK DI BANK SYARIAH (STUDI PADA GURU SDIT AT-TAQWA GUMAWANG, KAB. OKU TIMUR, SUMATERA SELATAN)

ANIN, NOVIYANTI (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN LOKASI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK DI BANK SYARIAH (STUDI PADA GURU SDIT AT-TAQWA GUMAWANG, KAB. OKU TIMUR, SUMATERA SELATAN). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dengan sistem dan mekanisme berdasarkan dengan Al-Quran dan Hadist. Bank syariah sebagai salah satu solusi alterfantif tentang persoalan antar bunga bank dengan riba. Riba adalah menetapkan bunga bank atau melebihkan jumlah pinjaman secara batil dan menurut ulama riba hukunya haram/dilarang. Bank syariah didirikan untuk mempromosikan dan mengembangkan penerapan prinsip syariah dalam transaksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas dan lokasi perbankan syariah, baik secara parsial maupun simulatan terhadap minat memilih produk di bank syariah. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Guru SDIT At-Taqwa Gumawang. Dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, diambil sampel sejumlah 40 guru. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel Pengetahuan, secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat memilih produk di bank syariah. (2) Variabel Religiusitas, secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat memilih produk di bank syariah. (3) Variabel Lokasi, secara parsial berpengaruh terhadap minat memilih produk di bank syariah. Kata Kunci : Bank Syariah, Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi, Minat. ABSTRACT Islamic banks are financial institutions that function to collect funds from the community and distribute them back to the community with systems and mechanisms based on the Al-Quran and Hadith. Islamic banking is an alternative solution to the problem between bank interest and usury. Usury is fixing bank interest or exaggerating the loan amount in a false way and according to scholars usury is haram/forbidden. Islamic banks were established to promote and develop the application of sharia principles in their transactions. This research aims to determine the influence of knowledge, religiosity and location of Islamic banking, both partially and simultaneously, on interest in choosing products at Islamic banks. This research is a type of quantitative research. The population in this research is SDIT At-Taqwa Gumawang teachers. Using saturated sampling techniques, a sample of 40 teachers was taken. Meanwhile, the data analysis technique used is descriptive analysis. Data was collected using a questionnaire with a Likert scale. Hypothesis testing was carried out using multiple linear regression analysis. The research results show that: (1) The Knowledge variable, partially, has no effect on interest in choosing products at Islamic banks. (2) The Religiosity variable, partially, has no effect on interest in choosing products at Islamic banks. (3) Location variables partially influence interest in choosing products at Islamic banks. Keywords: Islamic Bank, Knowledge, Religiosity, Location, Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:47
Last Modified: 23 Jan 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32116

Actions (login required)

View Item View Item