M EN IN GKAT KAN M OT IVAS I B ELAJAR MELA LUI M ED IA EDUCANDY PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUNDA WAY JAMBU PESISIR SELATAN

NISA, EFRINA (2024) M EN IN GKAT KAN M OT IVAS I B ELAJAR MELA LUI M ED IA EDUCANDY PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUNDA WAY JAMBU PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NISA EFRINA BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI NISA EFRINA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan motivasi belajar anak di TK Harapan Bunda masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya guru kurang melakukan inovasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat anak kurang tertarik mengikuti pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang monoton. Maka dari itu peneliti berinisiatif perlu adanya terobosan untuk meningkatkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi digital yaitu dengan menggunakan media educandy. Media educandy adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dapat menjadi penunjang keberhasilan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui media educandy pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Way Jambu Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 19 peserta didik di kelas B (Usia 5-6 Tahun) di TK Harapan Bunda Way Jambu Pesisir Selatan. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Analisis dan interprestasi data dengan menggunakan analisis data, interprestasi data, vertifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan siklus II maka dapat peneliti simpulkan bahwa penggunaan media educandy dapat meningkatkan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Way Jambu Pesisir Selatan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan motivasi belajar, peserta didik yang berkembang sangat baik (BSB) pada pertemuan siklus I mencapai 31,5%, pertemuan siklus II mencapai 84,2% tingkat keberhasilan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Educandy iv ABSTRACT The development of children's learning motivation in Mother's Hope Kindergarten is still relatively low, this is due to several factors including teachers lacking innovation in the learning process, thus making children less interested in participating in learning due to monotonous learning. Therefore, researchers took the initiative to need a breakthrough to increase children's learning motivation by using digital technology-based learning media, namely by using educandy media. Educandy media is one of the learning media used to increase children's learning motivation. Using the right learning media can support the success of educators. This study aims to increase learning motivation through educandy media in children aged 5-6 years at TK Harapan Bunda Way Jambu Pesisir Selatan. This type of research is class action research (PTK) which consists of two cycles, each cycle consists of four stages, namely planning, implementing actions, observation/observation, and reflection. The subjects of this study were 19 students in class B (aged 5-6 years) at TK Harapan Bunda Way Jambu Pesisir Selatan. The object of this study is to increase learning motivation in children aged 5-6 years. This research data collection technique is using observation techniques, interview techniques, documentation techniques. Data analysis and interpretation using data analysis, data interpretation, vertification/conclusions. Based on the results of data analysis and discussion in cycle I and cycle II, researchers can conclude that the use of educandy media can increase learning motivation in children aged 5-6 years at TK Harapan Bunda Way Jambu Pesisir Selatan. This can be seen from the increase in learning motivation, very well developed students (BSB) in the first cycle meeting reached 31,5%, the second cycle meeting reached 84,2% success rate. Keywords: Learning Motivation, Educandy Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:50
Last Modified: 22 Jan 2024 09:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32111

Actions (login required)

View Item View Item