PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN SISTEM PENJUALAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada UMKM Kota Bandar Lampung Tahun 2022)

Renanda, Prastika (2024) PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN SISTEM PENJUALAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada UMKM Kota Bandar Lampung Tahun 2022). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RENANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi berkembangnya jumlah UMKM di Indonesia, UMKM menjadi penggerak ekonomi di saat pandemi Covid 19. Transaksi ekonomi melalui digital berkembang pesat, namun data dari Badan Pusat Statistik (BPS) e-commerce di Indonesia pada tahun 2020 ternyata hanya 25,92 persen UMKM yang menggunakan e-commerce. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah E�commerce dan sistem penjualan online berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan Handphone (HP) oleh UMKM? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah apakah E-commerce dan sistem penjualan online berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan Handphone (HP) oleh UMKM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis Regresi Linear Berganda. Populasi penelitian ini adalah UMKM Penjual handphone di Bandar Lampung yang melakukan penjualan secara online, dengan sampel sebanyak 70 responden. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa e-commerce berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk handphone oleh UMKM, sistem penjualan online berpengaruh pada peningkatan penjualan produk handphone dan e-commerce dan sistem penjualan online secara bersama berpengaruh pada peningkatan penjualan UMKM. Dari analisa determinasi di ketahui bawah 40.5% dari peningkatan penjualan dipengaruhi oleh e-commerce dan 55.8% dipengaruhi oleh variabel lain. pada Hipotesis kedua sebanyak 55.8% dari sistem penjualan online dipengaruhi oleh e-commerce dan 44.2% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: E-commerce, Penjualan, Sistem Penjualan Online. ABSTRACT This research is motivated by the growing number of MSMEs in Indonesia, MSMEs are driving the economy during the Covid 19 pandemic. Economic transactions through digital are growing rapidly, but data from the Central Statistics Agency (BPS) on e-commerce in Indonesia in 2020 shows that only 25.92 percent of MSMEs use e�commerce. The formulation of the problem in this study is whether E�commerce has an effect on increasing sales of cellphones (HP) by MSMEs? and does E-commerce affect the Online Sales System by MSMEs? The purpose of this study is to determine whether E�commerce has an effect on Increasing Sales of Mobile Phones (HP) by MSMEs and whether E-commerce has an effect on Online Sales Systems by MSMEs This research is a quantitative study using the Multiple Linear Regression analysis method. The population of this research is MSMEs selling cellphones in Bandar Lampung who sell online, with a sample of 70 respondents. Based on the results of the study, it was found that E-commerce has an effect on increasing sales of cellphone products by MSMEs E-commerce has an effect on the online sales system for cellphone products by MSMEs. From the determination analysis, it is known that 40.5% of the increase in sales is influenced by e-commerce and 55.8% is influenced by other variables. In the second hypothesis, 55.8% of the online sales system is influenced by e-commerce and 44.2% is influenced by other variables. Keywords: E-commerce, Sales, Online Sales System.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:28
Last Modified: 18 Jan 2024 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32065

Actions (login required)

View Item View Item