PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

ERNANDO, PRASETIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERNANDO PRASETIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang dianggap penting untuk dimiliki individu pada abad 21. Hal ini berkontribusi pada proses pembelajaran dengan sangat penting, karena melalui penugasan kreativitas serta menemukan solusi yang kreatif dan inovatif sejak dini, individu dapat memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi masalah sehari-hari dan menjadi lebih produktif pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan tujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia SMK Multimedia Aulia Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Multimedia 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa berupa soal essay. Pengujian hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Varians (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan uji MANOVA, diperoleh kesimpulan bahwa, (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kolaboratif dengan kemampuan pemecahan masalah siswa, (3) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kolaboratif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kolaboratif, Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif iv ABSTRAC The ability to solve problems and think creatively is considered crucial for individuals in the 21st century. This contributes significantly to the learning process, as through creative assignments and finding creative and innovative solutions early on, individuals can develop better skills to tackle everyday problems and become more productive in the future. Therefore, the author conducted research to enhance students' problem-solving abilities and creative thinking skills using a collaborative learning model, aiming to investigate the impact of the collaborative learning model on students' problem-solving and creative thinking abilities. This study employed a quasi-experimental design with a pre-test-post�test approach. The population comprised all eleventh-grade students in the Multimedia class at SMK Multimedia Aulia in Bogor Regency. The sample included two classes, with Multimedia 2 as the experimental group and Multimedia 1 as the control group. Data collection techniques involved problem-solving and creative thinking tests in the form of essay questions. Hypothesis testing utilized Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) with a significance level of 5%. Based on the MANOVA test results, it was concluded that (1) there is an influence of the collaborative learning model on students' problem�solving and creative thinking abilities, (2) there is an influence between the collaborative learning model and students' problem�solving abilities, and (3) there is an influence between the collaborative learning model and students' creative thinking abilities. Keywords: Collaborative Learning, Problem Solving, and Creative Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:14
Last Modified: 17 Jan 2024 09:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32061

Actions (login required)

View Item View Item