DAMPAK PEMEKARAN DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Desa Suka Negeri Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2022)

SISKA, OKTAVIA (2024) DAMPAK PEMEKARAN DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Desa Suka Negeri Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2022). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of siska BAB I -5 (1).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi siska (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pemekaran desa merupakan kebijakan pemerintah didalam memperbaiki kualitas pelayanan publik yang lebih baik lagi, adapun yang menjadi masalah didalam penelitian ini adalah dimana terjadinya pemekaran didesa sukanegeri dikarenakan terlalu luasnya wilayah dan dalam rangka untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi penyelenggara pemerintahan desa, pemekaran ini yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dimana pentingnya kualitas pelayanan publik yang baik dapat mempengaruhi kepuasan masyarakat atas pencapaian pemenuhan kebutuhan masyarakat yang prima, Pada penelitian menggunakan tehnik pengumpulan data berupa wawancara, dari hasil pengamatan, Data primer yang diperoleh dari responden melalui wawancara mengenai pemekaran Suka Negeri, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi dan sumber – sumber yang relevan dengan penelitian ini , hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pemekaran di Desa Suka Negeri Kecamatan Bangun Rejo Ini banyak dampak yang dirasakan bagi warga, dimana pelayanan publik yang prima di desa suka negeri dimana diukur dari tangibles ( terwujud), dimana masyarakat dilayani oleh aparatur dengan tidak berbelit, reliability( kehandalan) masyarakat merasa aparat desa memiliki standar pelayanan yang jelas dimana dalam menyelesaikan pembuatan surat tanah selesai tidak sampai satu bulan, responsivinees (respon/tanggapan) aparatur dalam memberikan tanggapan kepada masyarakat sudah merespon keluhan dengan baik, Assurance (Jaminan) aparatur sukanegeri belum maksimal dimana kinerja birokrasi yang masi lamban, Empaty (empati) empati yang diberikan oleh aparatur kepada masyarakat suka negeri sudah baik dimana keluhan masyarakat menjadi prioritas utama. Kata Kunci: dampak pemekaran, pelayanan publik, kualitas pelayanan. iii ABSTRACT Village expansion is a government policy to improve the quality of public services even better. The problem in this research is that expansion occurs in Sukanegeri villages because the area is too large and in order to increase the effectiveness and efficiency of village government administrators. This expansion aims for welfare. society where the importance of good quality public services can influence public satisfaction with achieving excellent fulfillment of community needs. In the research, data collection techniques were used in the form of interviews, from the results of observations. Primary data was obtained from respondents through interviews regarding the expansion of Suka Negeri, while secondary data was obtained From books, journals, theses and sources relevant to this research, the results of this research show that there is expansion in Suka Negeri Village, Bangun Rejo District. This has had a lot of impact on the residents, where Suka Negeri Village is measured in tangibles ( realized) where the community is served without complications, reliability (reliability) the community feels that the village officials have clear service standards where completing the making of land documents takes less than one month, the responsiveness (response) of the apparatus in providing responses to the community has responded well, Assurance (Guarantee) for Sukanegeri officials is not yet optimal where bureaucratic performance is still slow, Empathy (empathy) given by officials to the people of Sukanegeri is good where people's complaints are the main priority. Keywords: impact of expansion, public services, service quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:05
Last Modified: 16 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item View Item