PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SEPATU CONVERSE IMITASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung Fakultas Ekonomi Bisnis Prodi Manajemen Bisnis)

Mona, Enjelita Wijaya (2024) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SEPATU CONVERSE IMITASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung Fakultas Ekonomi Bisnis Prodi Manajemen Bisnis). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of ACC CETAK MONA ENJELITA WIJAYA Bab 1,3,5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ACC CETAK MONA ENJELITA WIJAYA Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan fenomena beredarnya produk imitasi converse dipasaran membuktikan bahwa masih banyak konsumen yang tertarik membeli produk imitasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya yg disebabkan tidak semua konsumen mampu membeli produk asli dengan harga yang cukup mahal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah perilaku konsumen dan Desain Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk sepatu converse imitasi, Apakah perilaku konsumen dan desain produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk sepatu converse imitasi ditinjau dalam perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Universitas Lampung. Sampel dalam penelitian ini 93 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling dengan metode analisis data menggunakan SEM (Struktural Equation Modeling) dan pengelolahan data dilakukandengan menggunakan Soffwer SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen dan desain produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Converse Imitasi. Uji R² menunjukkan bahwa besarnya nilai R² Keputusan Pembelian adalah 0,928 yang berarti nilai tersebut menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen dan Desain Produk berkontribusi sebesar 92,8% dan sisanya sebesar 7,2% pada variabel lainnya. Etika bisnis Islam seperti suka sama suka dalam memasarkan barang/jasa. Dengan nilai tersebut dapat diartikan bahwa nilai positif. Variabel etika bisnis Islam memiliki koevisien pada keputusan pembelian sepatu Converse pada mahasiswa bertambah. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, dan Desain Produk, Keputusan Pembelian. ABTRACT The phenomenon of the circulation of imitation Converse products on the market proves that there are still many consumers who are interested in buying imitation products to fulfill their needs and desires because not all consumers can afford to buy original products at quite expensive prices. The formulation of the problem in this research is whether consumer behavior and product design influence purchasing decisions on imitation Converse shoe products. Do consumer behavior and product design influence purchasing decisions on imitation Converse shoe products reviewed from the perspective of Islamic business ethics. This type of research is field research and uses a quantitative approach. This research was conducted on students from the Department of Business Management, University of Lampung. The sample in this study was 93 respondents. Sampling was carried out using Purposive Sampling with a data analysis method using SEM (Structural Equation Modeling) and data processing was carried out using SmartPLS 3 software. The results of this research indicate that the Consumer Behavior and Product Design variables partially have a positive and significant effect on the decision to purchase imitation Converse products. The R² test shows that the R² value of Purchase Decisions is 0.928, which means that this value shows that Consumer Behavior and Product Design contribute 92,8% and the remaining 7,2% to other variables. Islamic business ethics are like mutual consent in marketing goods/services. This value can be interpreted as a positive value. The variable Islamic business ethics has an increasing coefficient on the decision to purchase Converse shoes among students. Keyword : Consumer Behavior and Product Design, Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:10
Last Modified: 15 Jan 2024 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31997

Actions (login required)

View Item View Item