PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER

Astri, Monica Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi - 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi - Astri Monica Sari - 1911090290.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari XI IPA 1 sampai XI IPA 7. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji anova dua jalan. Hasil pengujian hipotesis pertama mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.006 < 0.05 maka ditolak, hasil pengujian hipotesis kedua mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.842 > 0.05 maka diterima dan hasil pengujian hipotesis ketiga mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.645 > 0.05 maka diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. 2) Tidak terdapat pengaruh perbedaan gender terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Brain Based Learning dan perbedaan gender terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Brain Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Perbedaan Gender iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Brain Based Learning learning model on students' critical thinking abilities in terms of gender. The research method used is the Quasy Experiment method. The population used in this research was all classes XI IPA consisting of XI IPA 1 to XI IPA 7. The research sample consisted of two classes, namely class XI IPA 2 as the experimental class and XI IPA 3 as the control class, which one selected by technique purposive sampling. The instrument used to measure students' critical thinking abilities was a essay questions. The hypothesis test used in this study is a two-way ANOVA test. The results of first hypothesis get a significance value of 0.006 < 0.05, then it is rejected, the results of the second hypothesis get a significance value of 0.842 > 0.05, then it is accepted and the results of the third hypothesis get a significance value of 0.645 > 0.05, then it is accepted. Based on the results of the hypothesis testing, it can be concluded that: 1) There is an influence of the Brain Based Learning model on students' critical thinking abilities. 2) There is no different effect gender on students' critical thinking abilities. 3) There is no interaction between the Brain Based Learning learning model and different gender on students' critical thinking abilities. Keywords: Brain Based Learning Model, Critical Thinking Ability, Gender Differences

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:28
Last Modified: 15 Jan 2024 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31994

Actions (login required)

View Item View Item