IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI OLEH GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MA WATHONIYAH ISLAMIYAH CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

TANIA, NUR ANITA (2024) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI OLEH GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MA WATHONIYAH ISLAMIYAH CANDIPURO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Tania 1 dan 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Tania PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan dan konseling merupakan usaha untuk membantu peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya berupa kehidupan pribadi, sosial, pendidikan dan karir. Tujuan bimbingan dan konseling dapat diwujudkan melalui program BK dan Pelayanan BK di sekolah. Motivasi belajar peseta didik adalah dorongan dalam diri individu yang memberikan semangat untuk mencapai tujuan pada proses belajar di sekolah. Guru bimbingan dan konseling memiliki peran sentral dalam mengembangkan potensi peserta didik. Peran guru Bimbingan dan Konseling disekolah yaitu sebagai pembimbing dan membantu para peserta didik mencapai tujuan yang diinginkan, membantu peserta didik untuk meningkatkan pencapaian akademik dan mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik agar mereka dapat menghasilkan perubahan positif dalam dirinya sendiri. Berdasarkan pemaparan latar belakang terjadi kesenjangan antara motivasi belajar yang seharusnya dengan yang terjadi di lapangan. Tujuan diadakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Oleh Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MA Wathoniyah Islamiyah Candipuro Lampung Selatan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan desain penelititian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengamati peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi di MA Wathoniyah Islamiyah Candipuro Lampung Selatan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini Tahap perencanaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebelum memasuki proses pelaksanaan layanan tentu melewati proses perencanaan terlebih dahulu, dalam hal ini perencanaan guru BK dan guru wali kelas ikut serta dalam membantu untuk layanan yang akan diberikan kepada peserta didik adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan layanan peserta didik, menetapkan materi, menetapkan subjek, menetapkan konselor dan 4 Menyiapkan prosedur perangkat dan media layanan, menyiapkan administrasi atau RPL. Tahap pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dalam pelaksanaannya sendiri biasanya dilaksanakan secara langsung dan tatap muka di kelas, dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi yang dilakukan oleh guru BK dengan bantuan guru wali kelas ini terdapat tahapan yakni tahap awal, tahap inti dan tahap akhir, dalam proses pelaksanaan terdapat peserta didik yang aktif, dan diam, dengan adanya ini guru BK memberikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dan membuat suasana ruangan menjadi nyaman untuk peserta didik agar peserta didik berpartisipasi dalam pelaksanaan tersebut. Tahap evaluasi, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi maka guru BK dan wali kelas ikut serta memantau perkembangan yang ada dilapangan pada peserta didik agar dapat melihat langsung apakah peserta didik memiliki perubahan dalam motivasi belajarnya Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik diskusi, motivasi belajar 5 5 ABSTRACT Guidance and counseling is an effort to help students to develop their potential in the form of personal, social, educational and career life. Guidance and counseling goals can be realized through counseling programs and counseling services in schools. Students' learning motivation is the encouragement within individuals that gives enthusiasm to achieve goals in the learning process at school. Guidance and counseling teachers have a central role in developing the potential of students. The role of the Guidance and Counseling teacher at school is as a guide and helping students achieve the desired goals, helping students to improve academic achievement and developing the potential that exists in students so that they can produce positive changes in themselves. Based on the background presentation, there is a gap between the learning motivation that should be with what is happening in the field. The purpose of this research was to analyze and describe the Implementation of Group Guidance with Discussion Techniques by the Counseling Teacher in Increasing the Learning Motivation of MA Wathoniyah Islamiyah Candipuro Students, South Lampung. This research is included in the type of qualitative research, with a case study research design. Data collection procedures using interviews, observation and documentation. In this study, researchers will observe the role of guidance and counseling teachers in increasing post-pandemic student learning motivation at MA Wathoniyah Islamiyah Candipuro, South Lampung. The results obtained in this study The planning stage of group guidance with discussion techniques in increasing student learning motivation before entering the service implementation process certainly goes through the planning process first, in this case the planning guidance counselor and homeroom teacher participate in helping for the services to be provided to students is to identify student service needs, determine material, determine subjects, determine counselors and prepare device procedures and service media, prepare administration 6 or RPL. The stage of implementing group guidance with discussion techniques in increasing student learning motivation, in the implementation itself is usually carried out directly and face to face in class, in the implementation of group guidance with discussion techniques carried out by the guidance counselor with the help of the homeroom teacher there are stages namely the initial stage , the core stage and the final stage, in the implementation process there are students who are active and silent, with this the BK teacher provides group guidance with discussion techniques and makes the atmosphere of the room comfortable for students so that students participate in the implementation. Evaluation stage, after being given group guidance services with discussion techniques, the guidance counselor and homeroom teacher participate in monitoring developments in the field for students so they can see firsthand whether students have changes in their learning motivation Keywords: group guidance, discussion techniques, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:19
Last Modified: 15 Jan 2024 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31992

Actions (login required)

View Item View Item