PENGARUH TEKNIK MNEMONIC BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 LAMPUNG SELATAN

Widya, Maulina (2024) PENGARUH TEKNIK MNEMONIC BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WIDYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV ini terlihat dari hasil ulangan harian IPA yang masih tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV di MIN 2 Lampung Selatan, Tanjung Bintang Lampung Selatan pada tahun ajaran 2023-2024. Dengan populasi sebanyak 40 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu digunakan untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen. Kelas 4B sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan teknik mnemonic berbantuan media gambar sedangkan kelas 4A sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan teknik mnemonic berbantuan kartu kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Quasy Eksperimental, dan desain penelitianya pretest-posttest control group desain. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 soal data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis uji t (independen sampel t test) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik menemanik berbatuan media gambar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas 4 di min 2 Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji t dengan menggunakan SPSS hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai signifikansi 0,002. Karena nilai sig. 0,002<0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh dari teknik mnemonic berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di MIN 2 Lampung Selatan. Kata Kunci : Teknik mnemonic, Media Gambar, Hasil Belajar IPA. iv ABSTRACT Based on the pre-research activities that have been carried out, the problem behind this research is that the low science learning outcomes of class IV students can be seen from the results of daily science tests which are still relatively low. This research was conducted in class IV at MIN 2 South Lampung, Tanjung Bintang South Lampung in the 2023-2024 academic year. With a population of 40 students. Sampling used a purposive sampling technique, a sampling technique with certain considerations used to determine the control and experimental classes. Class 4B as the experimental class was treated using mnemonic techniques assisted by picture media, while class 4A as the control class was treated using mnemonic techniques assisted by word cards. This research uses a quantitative approach with the type of research being Quasy Experimental, and the research design is pretest-posttest control group design. This research instrument uses a test instrument in the form of multiple choice questions totaling 25 questions. Research data was analyzed using prerequisite tests and hypothesis tests t test (independent sample t test). This research aims to determine the effect of the technique of accompanying rocky image media on the science learning outcomes of grade 4 students in min 2 South Lampung. Based on the research results and t test calculations using SPSS, the results of the hypothesis test calculations obtained a significance value of 0.002. Because the sig value. 0.002<0.05, then it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. This means that there is an influence of mnemonic techniques assisted by image media on the science learning outcomes of class IV students at MIN 2 South Lampung. Keywords: Mnemonic Techniques, Image Media, Science Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:49
Last Modified: 12 Jan 2024 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31990

Actions (login required)

View Item View Item