STUDI META-ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

YUNAWATI, Sudarno (2024) STUDI META-ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI yuna_3.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh media pembelajaran berbasis digital terhadap hasil belajar fisika secara keseluruhan dan media digital yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah telaah literatur sistematis dengan meta-analisis. Adapun instrumen yang digunakan berupa lembar pengkodean artikel berisi data-data untuk keperluan meta-analisis berupa jumlah sampe, mean, dan standar deviasi kelompok kontrol maupun eksperiment dari artikel-artikel yang telah diseleksi berdasarkan hasil pada aplikasi Publish or Perish (PoP) serta perhitungan effect size dibantu dengan aplikasi OpenMEE dan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis digital berpengaruh positif sebesar 0.910 terhadap hasil belajar fisika dari 26 artikel yang di meta-analisis. Berdasarkan media yang digunakan, media pembelajaran berbasis digital lebih efektif menggunakan Laboratorium Virtual sebesar 1.919. Kata Kunci : Meta-analisis, effect size, media pembelajaran berbasis digital dan hasil belajar fisika. iv ABSTRACT This research aims to determine the magnitude of the influence of digital-based learning media on overall physics learning outcomes and the digital media used. The research method used is a systematic literature review with meta-analysis. The instrument used is an article coding sheet containing data for meta-analysis purposes in the form of sample numbers, means and standard deviations for control and experimental groups from articles that have been selected based on the results in the Publish or Perish (PoP) application and effect calculations. size assisted with the OpenMEE application and JASP application. The research results show that digital-based learning media has a positive effect of 0.910 on physics learning outcomes from 26 meta-analyzed articles. Based on the media used, digital-based learning media is more effective using the Virtual Laboratory by 1,919. Keywords: Meta-analysis, effect size, learning media digital based and physics learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:33
Last Modified: 10 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item