PENGARUH KEMUDAHAN, TAGLINE GRATIS ONGKIR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung)

Nur, Sela (2024) PENGARUH KEMUDAHAN, TAGLINE GRATIS ONGKIR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR SELA FULL FIXX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi saat ini mengalami perkembangan teknologi yang begitu pesat, contohnya dengan adanya kegiatan jual beli secara online salah satunya menggunakan marketplace. Perkembangan teknologi juga telah membuat perubahan perilaku seseorang di seluruh dunia khususnya Indonesia, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya e-commerce dan kian mengalami pertumbuhan yang signifikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah kemudahan, tagline gratis ongkir dan online customer review secara parsial maupun simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap keputusan pembelian di marketplace pada mahasiswa FEBI Angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung serta bagaimana keputusan pembelian di marketplace dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa FEBI Angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung yang menggunakan marketplace dengan jumlah populasi sebanyak 1.165 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik non�probability tepatnya menggunakan purposive sampling, untuk penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin yang mendapat hasil 92 orang. Metode analisis data menggunakan SPSS 21. Uji yang dilakukan yaitu uji validitas dan reliabilitas data, uji prasarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu kemudahan, tagline gratis ongkir dan online customer review secara parsial maupun simultan (bersama�sama) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace pada mahasiswa FEBI Angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung. Seorang muslim harus mengonsumsi produk yang halal dan bermanfaat, Islam juga memperbolehkan melakukan pembelian di marketplace asalkan memenuhi rukun dan syarat jual beli as�salam/as-salaf dan tidak terdapat kezaliman, monopoli, riba dan gharar serta penjual dan pembeli harus sama-sama berkata jujur dan transparansi agar menimbulkan rasa saling menerima dengan ikhlas dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Kata Kunci : Kemudahan, Tagline Gratis Ongkir, Online Customer Review, Keputusan Pembelian. ABSTRACT In the current era of globalization, technology is experiencing rapid developments, for example with online buying and selling activities, one of which is using the marketplace. Technological developments have also changed people's behavior throughout the world, especially Indonesia, this is marked by the increasing number of e-commerce and increasingly experiencing significant growth. The formulation of the problem in this research is, whether convenience, free shipping taglines and online customer reviews partially or simultaneously (together) influence purchasing decisions in the marketplace for 2019 FEBI students at UIN Raden Intan Lampung and how purchasing decisions in the marketplace are from a business perspective. Islam. This research uses a quantitative approach. This research was conducted on 2019 FEBI students at UIN Raden Intan Lampung who used the marketplace with a population of 1.165 people. Sampling used a non-probability technique, precisely using purposive sampling, to determine the number of samples using the Slovin formula which got a result of 92 people. The data analysis method uses SPSS 21. The tests carried out are data validity and reliability testing, analysis prerequisites testing and hypothesis testing. The results of this research are that convenience, free shipping taglines and online customer reviews partially or simultaneously (together) have a significant positive effect on purchasing decisions in the marketplace for 2019 FEBI students at UIN Raden Intan Lampung. A Muslim must consume products that are halal and useful, Islam also allows making purchases in the marketplace as long as it meets the pillars and conditions of sale and purchase as-salam/as-salaf and there is no injustice, monopoly, usury and gharar and the seller and buyer must both say the same thing honesty and transparency to create a feeling of sincere mutual acceptance and no party feels disadvantaged. Keywords: Convenience, Free Shipping Tagline, Online Customer Review, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:39
Last Modified: 08 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31915

Actions (login required)

View Item View Item