PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS ETNO�STEM TERINTEGRASI PROJECT-BASED LEARNING BERORIENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA KULIAH MATERI IPA SD/MI

Nirwana, Suci (2024) PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS ETNO�STEM TERINTEGRASI PROJECT-BASED LEARNING BERORIENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA KULIAH MATERI IPA SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi digital menjadi media pembelajaran yang penting untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik. Salah satu bentuk bahan ajar dan media pembelajaran yang relevan untuk menunjang pembelajaran IPA dan membentuk interaksi yang efektif antara mahasiswa dengan dosen adalah elektronik lembar kerja mahasiswa (e-LKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-LKM berbasis etno-STEM terintegrasi PjBL pada materi IPA dan mengetahui respon pendidik dan mahasiswa mengenai pengembangan e-LKM berbasis etno-STEM terintegrasi PjBL pada materi IPA untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan mahasiswa PGMI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri atas lima langkah analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Untuk mengetahui kelayakan produk harus melewati tahap pengembangan yairu validasi produk dan validasi media oleh validator. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kelayakan e-LKM berdasarkan penilaian ahli dikriteriakan sangat layak dengan persentase validasi ahli materi 89%, dan ahli media 86%. Pendidik memberikan respon positif yaitu 86% dan peserta didik juga memberikan respon positif terhadap kemenarikan e-LKM sebagai media pembelajaran, dengan uji kelompok kecil 90,77%, dan uji lapangan 90,77%. Dapat disimpulkan bahwa elektronik lembar kerja mahasiswa (e-LKM) berbasis etno-STEM terintegrasi PjBL pada materi IPA sangat layak dan menarik serta mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: e-LKM, etno-STEM, Materi IPA, Project-Based Learning. iv ABSTRACT Digital technology is an important learning medium for improving students' abilities and skills. One form of teaching material and learning media that is relevant to support science learning and form effective interactions between students and lecturers is the Electronic Student Worksheet (e-LKM). This research aims to determine the feasibility of an ethno-STEM based e-LKM integrated with PjBL on science material and to find out the responses of educators and students regarding the development of an ethno-STEM based e-LKM integrated with PjBL on science material to improve the environmentally caring character of PGMI students at Raden Intan State Islamic University Lampung. This research uses the ADDIE model. This model consists of five steps of analysis, design, development, implementation and evaluation. To determine the suitability of a product, it must go through the development stages, namely product validation and media validation by a validator. Based on the research that has been carried out, it is known that the feasibility of e-LKM based on expert assessment is said to be very feasible with a validation percentage of material experts of 89%, and media experts of 86%. Educators gave a positive response, namely 86% and students also gave a positive response to the attractiveness of e-LKM as a learning medium, with a small group test of 90.77%, and a field test of 90.77%. It can be concluded that the Ethno-STEM based Electronic Student Worksheet (e-LKM) integrated with PjBL in science material is very feasible and interesting and has received a positive response to be used as a learning medium. Keywords: e-LKM, ethno-STEM, science materials, project-based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:13
Last Modified: 05 Jan 2024 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item