PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STATION ROTATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI GERAK LURUS

CINDY, SHERLINA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STATION ROTATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI GERAK LURUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran Station Rotation pada pokok bahasan Gerak Lurus kelas VIII yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Station Rotation terhadap Pemahaman Konsep Materi Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini berjumlah 257 peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bandar Sribhawono. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan klas VIII.6 sebagai kelaas kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 15 butir soal dan angket berjumlah 10 butir pertanyaan. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Station. Rotation terhadap pemahaman konsep materei gerak lurus pada peserta didik. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkan nilai yang signifikansi. Membuktikan bahwa model pembelajaran Station Rotation pada pembelajaran IPA materi Gerak Lurus berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi gerak lurus pada peerta didik. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Station Rotation. iv ABSTRACT Research on the effect of the Station Rotation learning model on the subject of Straight Motion for class VIII has been carried out which aims to determine the effect of the Station Rotation learning model on the Conceptual Understanding of Straight Motion Material. The research method used is the quasy experimental method. The population in this study was 257 class VIII students of SMP N 1 Bandar Sribhawono. The research sample consisted of two classes, namely class VIII.5 as the experimental class and class VIII.6 as the control class which were selected by random sampling technique. The data collection instrument was a multiple choice test with 15 questions and a questionnaire with 10 questions. Based on the data obtained, it is known that there is a significant influence of the Station learning model. Rotation of students' understanding of the concept of straight motion material. With the analysis data obtained shows a significant value. Proving that the Station Rotation learning model in science learning material Straight Motion affects students' understanding of the concept of straight motion material. Keywords: Concept Understanding, Station Rotation Learning Mode

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:20
Last Modified: 03 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31849

Actions (login required)

View Item View Item