PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA PADA THRIFTSHOP (PAKAIAN BEKAS BRANDED) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

Lutfiana, Khoirunnisa (2023) PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA PADA THRIFTSHOP (PAKAIAN BEKAS BRANDED) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Didasarkan pada fenomena yang ada terkait minat membeli pakaian thrifting yang besar meskipun adanya larangan dari pemerintah mengenai thriftshop, yang mempengaruhi tingginya minat ialah persepsi konsumen mengenai Brand Image dan harga yang relatif murah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Brand Image dan Harga berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen, Bagaimana Brand Image, harga dan minat beli konsumen dalam perspektif bisnis syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen thriftshop, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap minat beli konsumen thriftshop, untuk mengetahui bagaimana brand image, harga dan minat beli konsumen dalam perspektif bisnis syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019 yang sudah pernah melakukan thrifting, sampel dalam penelitian ini 93 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Brand Image dan Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Uji R² menunjukkan besarnya nilai R² Minat Beli adalah 0.632 yang berarti nilai tersebut menunjukkan bahwa Brand Image dan Harga berkontribusi sebesar 63,2% dan sisanya 36,8% pada variabel lain. Dalam islam brand image (citra merek) harus melandasi kualitas yang digunakan sesuai aturan islam, dan harga menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi agar tidak ada pihak yang dirugikan serta manusia tidak dilarang untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya sehingga terpenuhi secara seimbang atau mendatangkan mashlahah. Kata kunci: Brand Image, Harga, Minat Beli, Thriftshop. ABSTRACT Based on the existing phenomenon related to the large interest in buying thrifting clothes despite the ban from the government regarding thriftshop, what affects the high interest is consumer perception of Brand Image and relatively cheap prices. The formulation of the problem in this study is whether Brand Image and Price have a partial effect on consumer buying interest, how Brand Image, price and consumer buying interest in the perspective of sharia business. The purpose of this study is to determine the influence of brand image on the buying interest of thriftshop consumers, to determine the effect of price on the buying interest of thriftshop consumers, to find out how brand image, price and consumer buying interest in the perspective of sharia business. This type of research is field research and this research uses a quantitative approach and is carried out on students of the Faculty of Economics and Islamic Business UIN Raden Intan Lampung Class of 2019 who have done thrifting, the sample in this study was 93 respondents. Sampling is done by purposive sampling. The data analysis method uses SEM (Structural Equation Modeling) using Partial Least Square (PLS) and data management is carried out using SmartPLS software 3. The results of this study show that Brand Image and Price variables partially have a positive and significant effect on Consumer Buying Interest. The R² test shows that the R² value of Buying Interest is 0.632 which means that the value shows that Brand Image and Price contribute 63.2% and the remaining 36.8% on other variables. In Islam, brand image must underlie the quality used according to Islamic rules, and price becomes something very important in economic activities so that no party is harmed and humans are not prohibited from meeting their needs or desires so that they are fulfilled in a balanced manner or bring mashlahah. Keywords: Brand Image, Price, Buying Interest, Thriftshop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:59
Last Modified: 28 Dec 2023 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31818

Actions (login required)

View Item View Item