PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS INFORMASI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DI TIKTOK SHOP BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2018)

Lita, Erlina (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS INFORMASI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DI TIKTOK SHOP BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2018). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini TikTok meluncurkan fitur baru yaitu TikTok Shop. TikTok Shop dapat dikategorikan ke dalam e-commerce karena Hal tersebut sesuai dengan teori yang mendefinisikan bahwa e-commerce merupakan merupakan gabungan dari teknologi, bisnis dan aplikasi sebagai penghubung perusahaan dengan konsumen dalam rangka melakukan transaksi elektronik serta jual beli barang atau jasa secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Online Di TikTok Shop berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, peneliti menggunakan sumber data sekunder dan primer dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian. Dari hasil analisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan, kualitas dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli di Tiktok Shop. Hal ini disebabkan karena kepercayaan berperan penting dalam membentuk minat belanja online di platform e-commerce. Kemudian terdapat pengaruh antara kualitas informasi terhadap minat beli di Tiktok shop. Pada rumusan masalah yang ketiga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap minat beli. Kepercayaan yang tinggi terhadap keamanan dan keaslian produk, serta kualitas informasi yang baik, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya akan mempengaruhi minat belanja pengguna di platform tersebut. Kata Kunci : Kepercayaan, kualitas informasi, kepuasan pelanggan, minat beli, TikTok. ABSTRACT Currently, TikTok is launching a new feature, TikTok Shop. TikTok Shop can be categorized as e-commerce because it is by the theory that defines e-commerce as a combination of technology, business, and applications as a liaison between companies and consumers to conduct electronic transactions and buy and sell goods or services electronically. This study aims to determine the Effect of Trust, Information Quality, and Customer Satisfaction on Online Buying Interest in TikTok Shops based on the Perspective of Islamic Business Ethics (Study on UIN Raden Intan Lampung Students) Using quantitative descriptive research methods, researchers use secondary and primary data sources in data collection using research questionnaires. From the results of the analysis, it is concluded that there is an influence between trust, quality, and customer satisfaction on buying interest in TikTok Shop. This is because trust plays an important role in shaping online shopping interest on e-commerce platforms. Then there is an influence between the quality of information on buying interest in the Tiktok shop. In the third formulation of the problem, it is concluded that there is an influence between customer satisfaction and buying interest. High trust in the safety and authenticity of products, as well as good quality information, can increase customer satisfaction, which in turn will affect users' shopping interest on the platform. Keywords: Trust, quality of information, customer satisfaction, buying interest, TikTok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:17
Last Modified: 28 Dec 2023 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31799

Actions (login required)

View Item View Item