PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE TERHADAP OMSET PENJUALAN DI PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Talang Padang, Tanggamus)

Edho, Maulana (2023) PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE TERHADAP OMSET PENJUALAN DI PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Talang Padang, Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI EDHO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi telah merubah cara interaksi dalam komunikasi pemasaran dari face to face menjadi screen to face. Hal ini yang menyebabkan peningkatan pengguna internet serta pengguna media sosial di Indonesia yang berdampak pada peningkatan minat berbelanja secara online. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penggunaan digital marketing berpengaruh terhadap omset penjualan pedagang dipasar tradisional talang padang, (2) apakah penggunaan e-commerce berpengaruh terhadap omset penjualan pedagang pakaian dipasar tradisional talang padang, (3) bagaimanakah perspektif bisnis Islam terhadap digital marketing, e�commerce dan omset penjualan pedagang pakaian dipasar tradisional talang padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh penggunaan digital marketing terhadap omset penjualan pedagang dipasar tradisional talang padang, (2) pengaruh penggunaan e-commere terhadap omset penjualan pedagang dipasar tradisional talang padang, (3) bagaimana pengaruh perspektif bisnis Islam terhadap digital marketing, e-commerce dan omset penjualan pedagang pakaian dipasar tradisional talang padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumalah sampel sebanyak 43 responden dengan menggunakan total sampling. Metode analisis data menggunakan SmartPLS versi 3. Uji analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu (1) penggunaan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan, (2) e�commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan, (3) dalam perspektif bisnis Islam omset penjualan dalam Islam tidak pernah melarang adanya keuntungan (laba) dalam jual beli, akan tetapi Islam melarang beberapa transaksi seperti adanya tindak kecurangan, penipuan, menyembunyikan cacat yang terdapat pada suatu barang serta melakukan kebohongan. Kata kunci : Digital Marketing, E-Commerce, Omset Penjualan. ABSTRACT Technological developments have changed the way of interaction in marketing communications from face to face to screen to face. This has led to an increase in internet users and social media users in Indonesia which has an impact on increasing interest in shopping online. The formulation of the problem in this research is (1) does the use of digital marketing influence the sales turnover of traders in the Talang Padang traditional market, (2) Does the use of e-commerce influence the sales turnover of clothing traders in the Talang Padang traditional market, (3) What is the Islamic business perspective towards digital marketing, e-commerce and sales turnover of clothing traders in the Talang Padang traditional market. This research aims to analyze: (1) the influence of the use of digital marketing on the sales turnover of traders in the Talang Padang traditional market, (2) the influence of the use of e-commerce on the sales turnover of traders in the Talang Padang traditional market, (3) the influence of the Islamic business perspective on digital marketing. , e-commerce and sales turnover of clothing traders in the Talang Padang traditional market. This research uses quantitative methods. The total sample was 43 respondents using total sampling. The data analysis method uses SmartPLS version 3. The data analysis tests used are validity testing, reliability testing and hypothesis testing. The results of this research are (1) the use of digital marketing has a positive and significant effect on sales turnover, (2) e-commerce has a positive and significant effect on sales turnover, (3) from an Islamic business perspective, sales turnover in Islam never prohibits profits (profit). ) in buying and selling, however, Islam prohibits several transactions such as cheating, deception, hiding defects in an item and lying. Keyword : Digital Marketing, E-Commerce, Sales Turmover.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:28
Last Modified: 28 Dec 2023 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31793

Actions (login required)

View Item View Item