PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS VIII DI MTS MATH’LAUL ANWAR NAPAL TANGGAMUS

Tati, Ristiana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS VIII DI MTS MATH’LAUL ANWAR NAPAL TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TATI RISTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur‟an terhadap Motivasi belajar dan Keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII di MTs Math‟laul Anwar Napal Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket motivasi belajar dan tes soal keterampilan proses sains. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berintegrasi ayat-ayat Al-Qur‟an memiliki nilai rata-rata N-Gain angket motivasi sebesar 0,73, sedangkan nilai rata-rata N-Gain tes KPS sebesar 0,71 dan masuk kedalam kategori Tinggi, nilai ini lebih besar dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model tersebut yang hanya mendapatkan nilai rata-rata N-Gain angket motivasi 0,23 dan 0,31 untuk tes KPS dan masuk kedalam kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berintegrasi ayat-ayat Al-Qur‟an terhadap motivasi dan keterampilan proses Sains peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Math‟laul Anwar Napal. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berintegrasi ayat-ayat Al�Qur‟an ini dapat dijadikan referensi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang akan digunakan khususnya disekolah yang berbasis islam. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Berintegrasi Ayat-Ayat Al�Qur‟an, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Materi Getaran Dan Gelombang. iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the guided inquiry model integrating verses of the Qur'an on learning motivation and science process skills of class VIII students at MTs Math'laul Anwar Napal. The method used in this study uses a quantitative approach with the type of Quasy Experiment research. The sampling technique used was purposive sampling, namely class VIII A as the experimental class and class VIII B as the control class. The instruments used in this study were a learning motivation questionnaire and a test of science process skills. The data analysis technique in this study used the Manova test. The results of this research show that classes that use the guided inquiry learning model integrating verses from the Koran have an average N-Gain score on the motivation questionnaire of 0,73, while the average N-Gain score on the KPS test is 0,71 and is in the High category, this value is greater than the class that does not use this model which only gets an average N-Gain score on the motivation questionnaire of 0,23 and 0,31 for the KPS test and is in the low category. The conclusion of this research is that there is an influence of the guided inquiry learning model integrating verses from the Koran on the motivation and science process skills of students in class VIII vibration and wave material at MTs Math'laul Anwar Napal. This is proven by a sig value of 0.000 <0.05. Thus, this guided inquiry learning model integrating verses from the Koran can be used as a reference for teachers in developing learning strategies that will be used, especially in Islamic-based schools. Keywords: Guided Inquiry Model, Integrating Verses of the Qur'an, Learning Motivation, Science Process Skills, Vibration and Wave Matter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:15
Last Modified: 21 Dec 2023 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31733

Actions (login required)

View Item View Item