ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM SOCIOSCIENTIFIC ISSUES

DWI, NURSINTA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM SOCIOSCIENTIFIC ISSUES. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI NURSINTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi mahasiswa pendidikan fisika dalam socioscientific issues. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti sendiri terhadap mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2020 berjumlah 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, metode desriptif yang digunakan adalah deskriptif murni atau survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilapangan mengenai analisis kemampuan argumentasi mahasiswa pendidikan fisika dalam socioscientific issues, sesuai dengan hasil kelulusan mata kuliah fisika lingkungan, mahasiswa angkatan 2020 yang berlangsung ketika mereka duduk di semester 6, dengan jumlah persentase dengan kategori pertama claim diperoleh sebesar 100%, kategori kedua grounds diperoleh diatas 90%, kategori ketiga warrant diperoleh dengan rata-rata persentase sebesar 31%, kategori keempat backing diperoleh dengan rata-rata persentase sebesar 20%, kategori kelima qualifier diperoleh dengan rata-rata persentase 40%, dan kategori keenam rebbutal diperoleh sebesar 0%. Pada jumlah yang ada mahasiswa sudah sampai tahap grounds yang mana mereka sudah bisa mengutarakan argumennya mereka secara langsung, walaupun masih kurangnya data didalamnya, terlihat pada kategori yang lain yang jumlahnya dibawah rata-rata. Kata Kunci : Analisis, Mahasiswa, Socioscientific Issues. iv ABSTRACT The research aims to analyze the argumentation skills of physics education students in addressing socioscientific issues. The study was conducted by the researcher in 20 students from the Raden Intan Lampung State Islamic University, class of 2020. The research employed a qualitative approach with a descriptive and survey methods. Data collection techniques included observation, interviews, and documention. Data analysis involved data reduction, data presentation, anda drawing conclusions. The field research on the analysis of argumentantation skills of physics education students in socioscientific issues, in aligment with graduation aoutcomes of the Environmental Physics course for the class of 2020, conducted during their 6 semester, revealed the following percentages the first category claim was aboined at 100%, the second category grounds was above 90%, the third category warrant was aboined with an average percentage of 31%, the fourth category backing was aboined with average percentage of 40%, and sixth category rebuttal was aboined at 0%. Overall students have reached the grounds stage, enabling them to articulate their arguments directly, though the especially in categories below the average. Keywords : Analysis, Student, Socioscientific Issues.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:50
Last Modified: 19 Dec 2023 11:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31670

Actions (login required)

View Item View Item