PENGARUH BRAND IMAGE, KERAGAMAN PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK OLEH-OLEH IYEN DI BANDAR LAMPUNG

LENI, RISKI HAYATI (2023) PENGARUH BRAND IMAGE, KERAGAMAN PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK OLEH-OLEH IYEN DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi LENI RISKI HAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunia bisnis, industry, dan perdagangan sangat berperan penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara, perekenomian yang meningkat maupun menurun dapat memberikan dampak yang berarti bagi kelangsungan hidup. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan kepuasan konsuen adalah dengan membentuk brand image (citra merek) yang baik di mata konsumen. Untuk dapat membangun brand image dan kepuasan pembeli, pemilik toko dapat mengembangkan berbagai keraman produk yang dijual. Dan untuk meningkatkan brand image dan keragaman produk diperlukan stote atmosphere guna mencapai kepuasan konsumen. Studi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penggunaan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari konsumen yang telah berbelanja produk oleh�oleh Iyen di Bandar Lampung. Analisis data dilakukan alat hitung SPSS for windows 29 dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menilai dampak variabel independen (brand image, keragaman produk, dan store atmosphere) terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen) dalam konteks theory customer satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, didapat hasil bahwa Brand Image (X1), Keragaman Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan Store Atmosphere (X3) tidak berpengaruh positif dan tidak signifkan terhadap kepuasan konsumen (Y). Dengan sig < 0.05 hasil uji simultan mendapatkan hasil bahwa Brand Image, Keragaman Produk dan Store Atmosphere secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan knsumen dalam pembelian produk oleh-oleh Iyen di Bandar Lampung. Kata kunci : Brand Image, Keragaman Produk, Store Atmosphere, kepuasan konsumen, Oleh-oleh Iyen Bandar Lampung. ABSTRACT The development of the world of business, industry and trade plays an important role in the development of a country's economy, economic growth or decline can have a significant impact on survival. One way to achieve competitive advantage in maintaining customer satisfaction is by establishing a good brand image in the eyes of consumers. To be able to build a brand image and customer satisfaction, shop owners can develop various types of products they sell. And to improve brand image and product diversity, a store atmosphere is needed to achieve consumer satisfaction. This research study uses a quantitative method with the use of a questionnaire as a data collection instrument. The research sample consisted of consumers who had shopped for Iyen souvenir products in Bandar Lampung. Data analysis was carried out using the SPSS for Windows 29 calculation tool using multiple linear regression to assess the impact of independent variables (brand image, product diversity and store atmosphere) on the dependent variable (consumer satisfaction) in the context of customer satisfaction theory. Based on the research results, the results showed that Brand Image (X1), Product Diversity (X2) had a positive and significant effect on consumer satisfaction (Y). Meanwhile, Store Atmosphere (X3) has no positive and insignificant effect on consumer satisfaction (Y). With sig < 0.05, the simultaneous test results show that Brand Image, Product Diversity and Store Atmosphere simultaneously have a positive and significant effect on consumer satisfaction in purchasing Iyen souvenir products in Bandar Lampung. Keywords : Brand Image, Product Diversity, Store Atmosphere, Consumer Satisfaction, Oleh-oleh Iyen Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:46
Last Modified: 19 Dec 2023 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31656

Actions (login required)

View Item View Item