PENGARUH TRANSISI PEMBELAJARAN DARING KE PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESETA DIDIK DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ABDUL, AZIZ (2023) PENGARUH TRANSISI PEMBELAJARAN DARING KE PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESETA DIDIK DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ABDUL AZIZ  new 135.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ABDUL AZIZ  new full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Covid-19 adalah penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi virus corona baru atau SARS-CoV-2 yang berasal dari keluarga corona. Cepatnya proses penyebaran dan penularan virus ini di seluruh dunia, menjadikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global. Masuknya virus Covid-19 ini memberikan dampak yang cukup besar bagi beberapa sektor, salah satunya sektor pendidikan. Menurut data Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), setidaknya ada 290,5 juta siswa di seluruh dunia yang aktivitas belajarnya menjadi terganggu akibat sekolah yang ditutup. Mengingat cepatnya penyebaran Virus Covid-19 ini, pemerintah mengubah sistem pembelajaran yang dilaksanakan menjadi pendidikan jarak jauh. Setelah sekian lama menggunakan gawai sebagai alat utama untuk mengakses pelajaran, sekarang harus kembali menggunakan modul dan sejenisnya. Penerapan dua sistem pembelajaran yang berbeda, akan memiliki dampak yang berbeda pada setiap siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah transisi pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN 2 Bandar Lampung, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh transisi pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 85 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari transisi pembelajaran daring (X) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai 9,792 > 1,989 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan bahwa Transisi Pembelajaran Daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 2 Bandar Lampung. Berdasarkan nilai koefisien korelasi disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang masuk kategori kuat. Transisi pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 0,732. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang masuk kedalam kategori ii kuat antara Transisi Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Peserta Didik kelas VIII di MTsN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Covid, Pembelajaran, Motivasi iii ABSTRACK Covid-19 is a disease caused by infection with the new coronavirus or SARS-CoV-2, which comes from the corona family. The rapid process of spreading and transmitting this virus around the world has made the World Health Organization (WHO) establish Covid-19 as a global pandemic. The entry of the Covid-19 virus has a considerable impact on several sectors, one of which is the education sector. . According to data from the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), there are at least 290.5 million students worldwide whose learning activities have been disrupted due to closed schools. Given the rapid spread of the Covid�19 Virus, the Government has changed the learning system to distance education. After all this time using gadgets as the main tool to access lessons, now we have to go back to using modules and the like. The application of two different learning systems will have a different impact on each student. Based on this background, the problem formulation in this study is whether the transition from online learning to face-to-face learning has an effect on student learning motivation at MTsN 2 Bandar Lampung, while the purpose of this study is to determine whether or not there is an effect of the transition from online learning to face-to-face learning on student learning motivation at MTsN 2 Bandar Lampung. This study uses quantitative research, using primary data obtained from distributing questionnaires to 85 respondents with sampling techniques using random sampling. Research data analysis using simple linear regression analysis using the SPSS version 25 program. The results of this study indicate that there is an influence of the online learning transition (X) on student learning motivation (Y) at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Based on the results of the simple linear regression test, the value is 9.792 > 1.989 (t count > t table), so based on this t test it is concluded that the Online Learning Transition has a positive and significant effect on Student Learning Motivation at MTsN 2 Bandar Lampung. Based on the correlation coefficient value, it is concluded that there is a relationship that falls into the strong category. Online learning transition to student learning motivation is 0.732. So it can be concluded that there is a relationship that falls into the strong category between Online Learning Transition and Learner Motivation in class VIII at MTsN 2 Bandar Lampung. Keywords: Covid, Learning, Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:46
Last Modified: 19 Dec 2023 09:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31655

Actions (login required)

View Item View Item