PENGARUH STORYTELLING MARKETING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT PADA PAPABEN DONUTS AND COFFEE DI KOTA METRO LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Toko Papaben Donuts and Coffee Kota Metro)

DUWI, FADILAH (2023) PENGARUH STORYTELLING MARKETING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT PADA PAPABEN DONUTS AND COFFEE DI KOTA METRO LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Toko Papaben Donuts and Coffee Kota Metro). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DUWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan berkembangnya perekonomian indonesia zaman saat ini, membuat kebutuhan masyarakat terhadap sendang, pangan dan papan semakin beragam dan meningkat. Salah satu cara untuk meraih kompetisi dalam mempetahankan dan menarik kepuasan dan keputusan pembelian konsumen yaitu dengan membentuk storytelling marketing dan store atmosphere guna untuk mencapai dan menciptakan keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan owner, konsumen dan fenomena yang terjadi dilapangan faktor yang mengakibatkan keputusan pembelian rendah disebabkan oleh store atmosphere yang kurang nyaman serta promosi penjualan kurang menarik sehingga mengakibatkan pendapatan pada Papaben Donuts and Coffee menurun, selain itu penurunan terjadi karena banyaknya bisnis atau usaha cafe yang lebih bervariatif. Hal ini menyebabkan persaingan yang semakin ketat serta menuntut setiap pelaku usaha bisnis kuliner untuk menjadi penyedia jasa yang lebih baik supaya dapat menguasai pangsa pasar dan mengoptimalkan profit perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang melakukan pembelian pada toko papaben donuts and coffee di kota metro lampung.Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan diperoleh 97 responden. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online. Sedangkan perhitungan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for Windows versi 22 dalam pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian, di dapatkan hasil bahwa Storytelling Marketing (X1) dan Store Atmosphere (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan nilai sig < 0,05. Hasil uji simultan mendapatkan hasil bahwa Storytelling Marketing dan Store Atmosphere secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Papaben Donuts and Coffee kota Merto Lampung dengan Thitung > Ttabel. Dalam perspektif bisnis islam, Storytrelling Marketing, Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian telah terealisasikan dengan baik. Kata Kunci : Storytelling Marketing, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Along with the development of the Indonesian economy today, making people's needs for sendang, food and shelter increasingly diverse and increasing. One way to achieve competition in maintaining and attracting consumer satisfaction and purchase decisions is to form storytelling marketing and store atmosphere to achieve and create consumer purchase decisions. Based on the results of researcher interviews with consumers and phenomena that occur in the field, factors that result in low purchase decisions are caused by an uncomfortable store atmosphere and less attractive sales promotions, resulting in decreased income at Papaben Donuts and Coffee, besides that the decline occurs due to the number of businesses or café businesses that are more varied. This causes increasingly fierce competition and requires every culinary business actor to become a better service provider in order to dominate market share and optimize company profits. This research was conducted using a quantitative type of approach. The population in this study was all visitors who made purchases at the papaben donuts and coffee shop in the metro city of Lampung. The data collection technique in this study used non�probability sampling and obtained 97 respondents. Data collection through online questionnaire dissemination. While the sample calculation in this study uses the Lemeshow formula. The data analysis method in this study used the SPSS for Windows version 22 program in data processing. Based on the results of the study, it was found that Storytelling Marketing (X1) and Store Atmosphere (X2) had a positive and significant effect on purchasing decisions (Y). With a sig value of < 0.05. The results of the simultaneous test found that Storytelling Marketing and Store Atmosphere simultaneously had a positive and significant effect on Purchasing Decisions at Papaben Donuts and Coffee in Merto Lampung city with Thitung > Ttabel. In the perspective of Islamic business, Storytrelling Marketing, Store Atmosphere and Purchasing Decisions have been well realized. Keywords : Storytelling Marketing, Store Atmosphere, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:40
Last Modified: 19 Dec 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31654

Actions (login required)

View Item View Item