PENGARUH BRAND AWARENESS DAN SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) GRIYA HASANAH STUDI PADA : NASABAH BSI KC TANJUNG KARANG

Aria, Amelda Murti (2023) PENGARUH BRAND AWARENESS DAN SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) GRIYA HASANAH STUDI PADA : NASABAH BSI KC TANJUNG KARANG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIA AMELDA MURTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kesadaran akan suatu merek memberikan ekspektasi terhadap nasabah, sedangkan kualitas pelayanan merupakan ukuran selisih antar perbedaan antara ekspektasi konsumen dengan pelayanan yang diberikan. Ekspektasi dan kualitas pelayan yang dirasakan menghasilkan minat nasabah. Tetapi realita yang ada bahwa brand awareness dan service quality yang diberikan sudah baik, namun minat nasabah masih belum stabil masih mengalami kenaikan dan penurunan dalam menggunakan produk KPR Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brand awareness, service quality, dan minat nasabah berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat nasabah dalam menggunakan KPR Syariah di BSI KC Tanjung Karang dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap brand awareness dan service quality. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data diambil secara langsung melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah KPR. Sampel yang digunakan sebanyak 86 responden dengan menggunakan rumus Slovin diambil dengan cara purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 24. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasarat analisis, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t, uji f serta koefisien determinasi (R2 )). Hasil uji t menunjukkan bahwa brand awareness dan service quality secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah, dan hasil uji f menunjukkan bahwa brand awareness dan service quality secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk KPR Syariah dengan pengaruh sebesar fhitung 82,524 > ftabel 2,71 dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Serta berdasarkan hasil uji determinasi (R2 ) sebesar 0,657 hal ini menjelaskan bahwa pengaruh variabel brand awareness dan service quality terhadap minat nasabah sebesar 65,7%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 34,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian. Kata kunci : Brand Awareness, Service Quality, Minat Nasabah.ABSTRACT Awareness of a brand provides expectations of customers, while service quality is a measure of the difference between the difference between consumer expectations and the service provided. Expectations and perceived service quality generate customer interest. But the reality is that the brand awareness and service quality provided are good, but customer interest is still unstable, still experiencing increases and decreases in using Sharia KPR products. The purpose of this study was to determine whether brand awareness, service quality, and customer interest partially and simultaneously affect customer interest in using Sharia KPR at BSI KC Tanjung Karang and how Islamic economics views brand awareness and service quality. This research uses a quantitative approach method. Data is taken directly through distributing questionnaires to KPR customers. The sample used was 86 respondents using the Slovin formula taken by purposive sampling. The data obtained was processed using SPSS version 24. This analysis includes validity and reliability tests, preliminary analysis tests, multiple linear regression analysis tests, hypothesis testing (t test, f test and coefficient of determination (R2)). The results of the t test show that brand awareness and service quality partially have a positive and significant effect on customer interest, and the results of the f test show that brand awareness and service quality simultaneously have a positive and significant effect on customer interest in using Sharia KPR products with an effect of f count 82,524> f table 2,71 with a significance value of 0,00 <0,05. And based on the results of the determination test (R2) of 0,657, this explains that the influence of brand awareness and service quality variables on customer interest is 65,7%. While the remaining 34,3% is influenced by other factors outside the research model. Keywords: Brand Awareness, Service Quality, Customer Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:41
Last Modified: 18 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item