PENGARUH PERCEPTION OF BOOKING WEBSITE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Online Travel Agent Traveloka di Kota Bandar Lampung)

Zulfanil, Azizah (2023) PENGARUH PERCEPTION OF BOOKING WEBSITE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Online Travel Agent Traveloka di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ZULFANIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Data top brand index periode 2016-2019 dari berbagai aplikasi pemesanan tiket online. Traveloka.com yang memiliki top brand index tertinggi namun malah mengalami paling banyak penurunan pembelian yaitu sebanyak 2 tahun berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019. Dibandingkan merk lain seperti Tiket.com, pegipegi.com, dan Trivago.co.id. Seiring dengan munculnya merek�merek baru dan menawarkan pelayanan serupa membuat Traveloka.com terus tergerusut karena konsumen mulai mempunyai pilihan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalui google form kepada pengguna online travel agent Traveloka. Sampel yang digunakan sebanyak 200 orang diambil dengan cara purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perception of booking website quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna travel agent Traveloka, sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna travel agent Traveloka, brand image berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna travel agent Traveloka, perception of booking website quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image pada pengguna travel agent Traveloka, sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image pada pengguna travel agent Traveloka, brand image memediasi pengaruh antara perception of booking website quality terhadap keputusan pembelian pada pengguna travel agent Traveloka, brand image memediasi pengaruh antara sales promotion terhadap keputusan pembelian pada pengguna travel agent Traveloka. Kata Kunci: Perception Of Booking Website Quality, Sales Promotion, Keputusan Pembelian, Brand Image.ABSTRACT Top brand index data for the 2016-2019 period from various online ticket booking applications. Traveloka.com, which has the highest top brand index, experienced the most decline in purchases, namely for 2 consecutive years in 2018 and 2019. Compared to other brands such as Tiket.com, pegipegi.com, Trivago.co.id. Along with the emergence of new brands and offering similar services, Traveloka.com continues to be eroded because consumers begin to have choices. This research uses a quantitative approach. The data used is primary data by distributing questionnaires online via google form to users of the online travel agent Traveloka. The sample used was 200 people taken by purposive sampling. The data analysis used is using validity test, reliability test, classical assumption test and hypothesis testing which is processed using SPSS version 20. The results of this study indicate that the variable perception of booking website quality has a positive and significant effect on purchasing decisions for Traveloka travel agent users, sales promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions for Traveloka travel agent users, brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions for Traveloka travel agent users, perception of booking website quality has a positive and significant effect on brand image in Traveloka travel agent users, sales promotion has a positive and significant effect on brand image in Traveloka travel agent users, brand image mediates the influence between perception of booking website quality on purchasing decisions for Traveloka travel agent users, brand image mediates the influence between sales promotion on purchasing decisions for Traveloka travel agent users. The Islamic view of the purchasing decisions of users of the online travel agent Traveloka has implemented with Islamic law. Keywords: Perception Of Booking Website Quality, Sales Promotion, Buying Decision, Brand Image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:01
Last Modified: 18 Dec 2023 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31614

Actions (login required)

View Item View Item