PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI

Sarpendi, Tukidi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SARPENDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pelajaran dan meningkatkan produktifitas belajar yang efektif yang mengembangkan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran fiqih kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode angket. Pada tahap validasi melibatkan 5 subjek validator yang terbagi atas validator ahli materi, validator ahli bahasa dan validtaor ahli media. Penilaian kelayakan desain mengunakan lembar validasi tahap uji coba melibatkan 15 peserta didik uji coba sekala kecil, 30 peserta didik pada uji coba sekala besar yang dinilai oleh 2 orang pendidik dilibatkan untuk melihat keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan media pembelajaran oleh validator ahli materi mendapatkan prsentase 86,6%dengan kriteri “sangat layak”, dari validator ahli media mendapatkan presentase 83,5%dengan kriteria “sangat layak”, dan dari validator ahli Bahasa mendapatkan presentase 80% dengan kriteria “sangat layak” kemudian dari respon peserta didik skala kecil mendapatkan 97% dengan kriteria “sangat menarik” pada skala besar mendapatkan 98% dengan ktiteria “sangat menarik” dan respon pendidik mendapatkan 86,4% dengan kriteria “sangat menarik” dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Fiqih, Media Pembelajara, Website. iii ABSTRACT This research aims to develop learning media and increase effective learning productivity by developing website-based learning media in class IV fiqh subjects. This research is research and development research (R&D). The data collection technique in this research uses a questionnaire method. The validation stage involves 5 validator subjects divided into material expert validators, language expert validators and media expert validators. Design feasibility assessment using a validation sheet in the trial phase involved 15 students in a small scale trial, 30 students in a large scale trial which were assessed by 2 educators were involved to see the effectiveness of the learning media. The results of the research show that the feasibility value of learning media by material expert validators got a percentage of 86.6% with the criteria "very feasible", from media expert validators it got a percentage of 83.5% with the criteria "very feasible", and from language expert validators it got a percentage of 80. % with the criteria "very feasible" then from the small scale student responses they got 97% with the criteria "very interesting" on the large scale they got 98% with the criteria "very interesting" and the teacher's response got 86.4% with the criteria "very interesting" with Thus, the products developed by researchers can be used and support the learning process. Keywords: Fiqh, Learning Media, Website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:04
Last Modified: 14 Dec 2023 10:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31577

Actions (login required)

View Item View Item