ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT. Daanish Mika Salsa (DMS) Tours & Travel dan PT.Al-Fatoni Barokah Wisata Bandar Lampung)

DWI, WIJAYANTI (2023) ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT. Daanish Mika Salsa (DMS) Tours & Travel dan PT.Al-Fatoni Barokah Wisata Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas penduduknya merupakan muslim, yang mana presentasenya mencapai 85% dari total keseluruhan penduduk yang ada. Adanya perekonomian global membuat perusahaan-perusahaan baik yang bergerak dalam bidang manufaktur maupun jasa harus lebih kompetitif. Salah satunya yang ada di Indonesia yaitu pasar konsumen jasa pelayanan ibadah haji dan umroh. Seiring dengan berkembangnya jasa haji dan umroh, hal ini juga tentu berdampak pada perusahaan untuk berkompetisi. Hal ini menjadikan peneliti ingin menganalisis bagaimana memberikan pelayanan yang unggul kepada pelanggan yang menginginkan ketepatan dan keamanan dalam melaksanakan ibadah. Serta melihat apakah customer relationship management (CRM) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dikarenakan loyalitas pelanggan merupakan bagian terpenting pada pengulangan pembelian pelanggan. Karena bertujuan untuk melihat peningkatan strategi pemasaran yang efektif, yang bisa membuat perusahaan biro jasa haji dan umroh mampu bertahan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada nasabah dan menciptakan loyalitas konsumen. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu kegiatan penelitian yang diawali dengan mengumpulkan data lapangan kemudian disusun secara sistematis dengan program aplikasi komputer. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian pada variabel kualitas pelayanan menunjukkan bahwa nilai original sampel 0,590 dari hasil ini dapat disimpulkan bahwasannya nilai t-hitung > t-tabel dengan nilai t-statistik 9,010 > 1,98238 dan p�value 0,000 < 0.05 hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Serta membuktikan bahwa semakin baik customer relationship management yang diberikan kepada konsumen, maka semakin baik loyalitas pelanggan atau semakin buruk customer relationship management yang diberikan kepada konsumen, maka semakin rendah loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Religiusitas, Customer Relationship Management (CRM), Kualitas Dan Loyalitas Pelanggan. ABSTRACT Indonesia is a predominantly muslim country, with a percentage of its population at 85%. The existence of a global economy requires that companies both in manufacturing and services be more competitive. Among other things, Indonesia is the consumer market for hajj and umroh services. As haj and umhaunted continue to flourish, it also has a definite impact on companies to compete. This made researchers want to analyze how to give superior service to customers who want precision and safety in performing worship. And see if customer relationship management (CRM) has affected customer loyalty, because customer loyalty is an important part of seeing an effective increase in marketing strategies, which would enable haj and umroh service companies to kepp their customers happy and create consumer loyalty. The study is a quantitative descriptive, that is a study activity that starts bt collecting field data and is then systematically structured by computer application programs. Studies show that testing on variable service quality shows that the original value of sample 0,590 from this result can be deduced that the value of t-count > t-table with t-statistics 9,010 > 1,98238 and p-value 0,000 < 0,05 proves that service quality has a positive and significant impact on customer loyalty. And to prove that the better the customer, the more the customer loyalty or the worse the customer access, the lower the customer loyalty. Keywords: Religiusitas, Customer Relationship Management (CRM), Quality And Reliability Of Customers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:43
Last Modified: 14 Dec 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

View Item View Item