PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINITRASI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

Rafidah, Alieya Khairunnisa (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINITRASI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAFIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan adminitrasi terhadap kepuasan peserta didik kelas VIII di MTs Negeri Se-kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Negeri Se-kota Bandar Lampung yang berjumlah 625 peserta didk. Rumus Slovin digunakan untuk menetapkan total sampel penelitian, kemudian dilakukan penentuan jumlah sampel pada masing-masing madrasah dengan menentukan proporsinya sesuai dengan jumlah peserta didik pada madrasah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada para peserta didik. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS Versi 25. Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,250. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka penelitian ini memiliki pengaruh positif. Jika dilihat dari hasil nilai T hitung (4,940) > T Tabel (1,662) dengan signifikasi sebesar 0,000 makan H0 ditolak dan Ha di terima, jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik di MTs Negeri Bandar Lampung. Berdasarkan teknik probabilitas dihasilkan Sig = 0,01 dan nilai α = 0,05= 0,225 karena nilai Sig < nilai α yaitu 0,01 < 0,225 maka H0 ditolak. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka 22,5% dan sisanya 77,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara kualitas layanan terhadap kepuasan peserta didik di MTs Se-Kota Negeri Bandar Lampung. Penelitian ini merekomendasikan bahwa apabila MTs Negeri Se�Kota Bandar Lampung meningkatkan kualitas layanan yang menyangkut aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empaty dan bukti fisik/ fasilitas,Memaksimalkan Staf tata usaha dengan dibidang keahliannya untuk meningkatkan layanan, dan Membuat program diluar jam layanan untuk membentuk keakrabaan antara peserta didik dengan staf tata usaha agar kepuasan peserta didik terpenuhi. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Peserta Didik iv ABSTRACT The aim of this research is to find out how the quality of administrative services affects the satisfaction of class VIII students at MTs Negeri Bandar Lampung. In this research, researchers used a quantitative approach. The population in this study were all students in class VIII of MTs Negeri Bandar Lampung, totaling 625 students. The Slovin formula was used to determine the number of research samples, then the number of samples in each madrasah was determined by determining the proportion according to the number of students in the madrasah being studied. Data collection was carried out using questionnaires which were distributed directly to students. The collected data was then analyzed using simple linear regression analysis techniques with the help of the SPSS Version 25 program. The results of simple linear regression calculations show a regression coefficient of 0.250. Because the regression coefficient value is positive (+), this research has a positive influence. If you look at the results of the calculated T value (4,940) > T Table (1.662) with a significance of 0.000, then H0 is rejected and Ha is accepted, so there is a significant influence between service quality on student satisfaction at MTs Negeri Bandar Lampung. Based on probability techniques, Sig = 0.01 and α = 0.05 are produced= 0.225 because the Sig value < α value, namely 0.01 < 0.225, then H0 is rejected. Calculating the coefficient of determination obtained a figure of 22,5% and the remaining 77,5% was influenced by other factors not studied. Thus, there is a positive influence between service quality and student satisfaction at MTs Negeri Bandar Lampung. This research recommends that MTs Negeri Bandar Lampung improve service quality from the aspects of reliability, responsiveness, guarantee, empathy and physical evidence/facilities, maximize administrative staff in their areas of expertise to improve services, and create programs outside of service hours to build closeness between students and staff. administration so that student satisfaction is met. Keywords: Service Quality, Student Satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:16
Last Modified: 14 Dec 2023 10:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31567

Actions (login required)

View Item View Item