MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

Dhea, Larasati (2023) MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DHEA LARASATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah bagi siswa yang memiliki minat dan bakat. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Prestasi siswa tidak hanya didapat dari prestasi akademiknya saja, dengan prestasi non akademik siswa dapat mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik. Dengan adanya manajemen kegiatan ekstrakurikuler yang baik maka akan menghasilkan prestasi didalam bidang non akademik. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung merupakan salah satu Madrasah yang telah banyak sekali melahirkan siswa dengan prestasi non akademik. Penelitian ini bertujuan mendeskripkan tentang Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di MIN 5 Bandar Lampung yang berkaitan tentang : (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, (2) pengorganisasian Kegiatan Ekstrakurikuler, (3) pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler, (4) evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informasi adalah Kepala Madrasah dan Waka Kesiswaan, Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung meliputi, pertama perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru, kedua pengorganisasian dilakukan oleh para guru pembina ekstrakurikuler dengan cara pemberian tugas bagi pembina yang mempunyai kompetisi dibidangnya. Ketiga pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, keempat pengawasan dilakukan dengan adanya presensi kehadiran guru pembina dan siswa. (2) prestasi non akademik siswa setelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler sedah baik dan semakin meningkatkan. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan baik dan lancar, adanya manajemen ekstrakurikuler yang baik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung dapat meraih prestasi, baik yang dilaksanakan dalam tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Internasional. Kata Kunci: Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Non Akademik Siswa. iv ABSTRACT Extracurricular activities are a place for students who have interests and talents. Extracurricular activities can help develop personal potential in improving student achievement. Student achievements are not only obtained from academic achievements, with non-academic achievements students can be able to communicate and socialize well. With good management of extracurricular activities, achievements in non-academic fields will result. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung is one of the Madrasas that has produced many students with non-academic achievements. This research aims to describe the Management of Extracurricular Activities at MIN 5 Bandar Lampung which relates to: (1) planning extracurricular activities, (2) organizing Extracurricular Activities, (3) implementing Extracurricular Activities, (4) evaluating Extracurricular Activities. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. Sources of data or information are the Head of the Madrasah and Deputy Head of Student Affairs, Extracurricular Activities Supervisor, data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. The results of this research are (1) the management of extracurricular activities at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung includes, firstly, planning for extracurricular activities is carried out at the beginning of each new school year, secondly, organizing is carried out by the extracurricular coaching teachers by giving assignments to coaches who have competitions in their fields. Thirdly, the implementation of extracurricular activities is carried out every day according to a predetermined schedule, fourthly supervision is carried out with the presence of supervisory teachers and students. (2) students' non-academic achievements after managing extracurricular activities are good and increasingly improving. Judging from the educational process which runs well and smoothly, there is good extracurricular management at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung which can achieve achievements, whether carried out at the Regency, Provincial or International level. Keywords: Extracurricular Activity Management, Student Non�Academic Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:05
Last Modified: 14 Dec 2023 10:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31564

Actions (login required)

View Item View Item