PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI KECAMATAN NGAMBUR DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UMKM di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat)

Nahdati, Istiqomah (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI KECAMATAN NGAMBUR DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UMKM di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NAHDATI ISTIQOMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja pemasaran menjadi prioritas utama pada penelitian ini, karena kinerja pemasaran merupakan konsep untuk mengukur dan menilai prestasi suatu unit usaha dalam pasar, dimana setiap usaha berkepentingan untuk mengetahui pencapaian prestasinya sebagai cermin dari keberhasilan usaha dalam persaingan pasar. Semakin banyaknya persaingan mempengaruhi kinerja pemasaran pada UMKM yang ada di Kecamatan Ngambur. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan mengenai faktor-faktor dan segi kualitas produk, harga dan promosi yang mempengaruhi kinerja pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelaku UMKM di Kecamatan Ngambur dan sampel yang diambil sebanyak 86 responden dengan menggunakan teknik pengambilan data Probability Sampling yaitu simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan promosi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM di Kecamatan Ngambur. Dalam perspektif bisnis Islam memandang bahwa melakukan kinerja pemasaran adalah suatu bentuk kewajiban dan suatu proses ikhtiar dalam rangka ibadah mencari keridhaan Allah SWT. untuk mencapai keberuntungan, tidak saja dalam kehidupan duniawi tetapi juga untuk di akhirat kelak. Kemudian dalam Islam telah dilarang keras kepada kita umat muslim untuk melakukan aktivitas ekonomi yang mengandung unsur-unsur yang di haramkan seperti riba, maysir, gharar dan sebagainya. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kinerja Pemasaran iii ABSTRACT Marketing performance is the main priority in this research, because marketing performance is a concept for measuring and assessing the achievements of a business unit in the market, where every business has an interest in knowing its achievements as a reflection of business success in market competition. The increasing competition affects the marketing performance of MSMEs in Ngambur District. Therefore, there is a need for knowledge regarding the factors and aspects of product quality, price and promotion that influence marketing performance. The research method used is a quantitative method with data collection techniques using observation, questionnaires and documentation. The population in this research is all MSME actors in Ngambur District and the sample taken was 86 respondents using the Probability Sampling data collection technique, namely simple random sampling. Data analysis techniques use SPSS version 26. The results of the research show that the variables of product quality, price and promotion partially and simultaneously have a positive and significant effect on the marketing performance of MSMEs in Ngambur District. From an Islamic business perspective, carrying out marketing performance is a form of obligation and a process of effort in the context of worship to seek the pleasure of Allah SWT. to achieve good luck, not only in worldly life but also in the afterlife. Then in Islam it is strictly forbidden for us Muslims to carry out economic activities that contain elements that are forbidden such as usury, maysir, gharar and so on. Keywords : Product Quality, Price, Promotion, Marketing Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:55
Last Modified: 13 Dec 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31540

Actions (login required)

View Item View Item